Toraja

Kalatiku Serahkan 100 Kerbau ke 10 Koptan

RANTEPAO–Bupati Toraja Utara, Kalatiku Paembonan, menyerahkan secara langsung bantuan ternak kerbau indukan kepada 10 Kelompok Tani (Koptan) di Kabupaten Toraja Utara, bertempat di lapangan Tagari, baru-baru ini.

Itu dalam upaya untuk mengembang biakkan agar populasi ternak kerbau di Kabupaten Toraja Utara meningkat populasinya.

Kegiatan yang di laksanakan oleh Dinas Pertanian Kabupaten Toraja Utara ini dan di hadiri oleh Kepala Dinas Pertanian Medan Sandabunga bersama jajaran, Perwakilan dari Balai Besar Veteriner Maros, serta anggota kelompok ternak kerbau yang ada di Kabupaten Toraja Utara.

Dalam kesempatan itu, Bupati Toraja Utara, menyerahkan 100 induk kerbau kepada kelompok-kelompok ternak kerbau di Toraja Utara.

Bupati Kalatiku Paembonan dalam sambutannya mengatakan tentang arti pentingnya ternak kerbau di kalangan masyarakat Toraja terutama dalam adat dan budaya.

“Hari ini kita menyerahkan kepada 10 kelompok tani dalam usaha peternakan kerbau, karena begitu besarnya jumlah keuntungan masyarakat Toraja terhadap kerbau dalam setiap upacara adat rambu solo, maka pemerintah berinisiasi untuk mengembangkan produksi ternak kerbau sekaligus menciptakan lapangan kerja bagi masyarakat. Itulah sebabnya seratus kerbau telah di bagikan pada seluruh kelompok ini,” beber Kalatiku.

Masih kata Kalatiku, bahwa dimana kerbau yang di bagikan merupakan kerbau betina, dengan maksud, agar kerbau ini bisa berkembang biak dan di budidayakan/di upayakan kembali.

Setiap kerbau yang beranak itu dapat di perah susunya untuk kebutuhan konsumsi masyarakat, dan pada saat yang sama juga bisa meningkatkan perekonomian masyarakat.

Bupati Toraja Utara, juga menghimbau kepada seluruh kelompok ternak kerbau yang mendapat bantuan kerbau, untuk bisa menjaga, serta merawat kerbau yang di berikan, memperhatikan bagaimana cara mengembangbiakan kerbau yang di berikan, agar di waktu ke depan Toraja Utara tidak akan membeli kerbau dari luar lagi.

Pengadaan kerbau ini berkat kerjasama Pemkab Toraja Utara dan Kementerian Pertanian Republik Indonesia, dalam hal ini Perwakilan Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan Balai Besar Veteriner Maros. (alb/ded)



Click to comment

Most Popular

To Top