Olahraga

Mantan Pemain PSM Arsiteki Gaspa

* Hadapi Liga 3 Nasional

PALOPO — Gaspa 1958 dalam menghadapi Liga 3 yang mulai bergulir awal 2020 mendatang akan dilatih oleh mantan pemain PSM Makassar yakni Yusrifar Jafar. Ia telah diperkenalkan oleh manajemen, sore, kemarin di Lapangan Stadion Lagaligo Palopo.

Menurut Yusrifar kepada media di Warkop di jalan Rambutan, ia diminta oleh manajemen untuk menukangi Gaspa di Liga yang akan diikutinya. Ia pun menyatakan kesiapannya tersebut. “Iya insya Allah saya akan membackup Gaspa 1958 dalam Liga 3 Nasional nanti, saya diminta manajemen untuk membantu, kita berharap tim wakil Sulsel mampu membuktikan kelasnya di ajang ini,” ucap Yusrifar.

Gaspa selama ini di latih oleh Gafur Syamsu. Dan merasa terbantu dengan bergabungnya coach Yusrifar ke dalam tim. “Beliau sebagai senior tentu punya banyak pengalaman baik sebagai mantan pemain PSM Makassar, maupun pelatih, kita bersyukur mendapat amunisi baru, semoga tim ini bisa lebih baik lagi ke depan memenuhi harapan pecinta sepakbola Tana Luwu, kami mohon doanya,” tutur Gafur.

Siapa Yusrifar Jafar? Dihimpun dari sejumlah sumber, nama Yusrifar Jafar adalah pemain sayap lincah yang ikut andil memberikan dua gelar Liga Indonesia untuk Pasukan Ramang.

Yusrifar mempersembahkan gelar Perserikatan 1991/92 dan Liga Indonesia 1999/00. Hebatnya, Bersama Ansar Abdullah (kiper), dia berlabel putra daerah yang menjadi pemain inti saat menyabet dua gelar juara tersebut.

Di Perserikatan 1991/92, Yus dan Ansar tampil sejak menit awal dalam partai final melawan PSMS Medan di Stadion Utama Senayan, Jakarta. Tampil 90 menit, keduanya membawa PSM Makassar keluar sebagai juara setelah memenangi laga dengan skor tipis 2-1.

Sementara saat Liga Indonesia 1999/00, Yus kembali tampil sebagai pemain inti pada laga final melawan PKT Bontang yang juga digelar Senayan.

Dua trofi juara Liga Indonesia sepanjang kariernya ditambah sejumlah gelar lain hingga ke level internasional membuat Yusrifar Jafar tidak kuasa jauh dari dunia sepak bola pasca-gantung sepatu.

Selain aktif mengikuti kompetisi amatir alias tarkam, Yus juga aktif sebagai pelatih sepak bola. Tidak hanya tim amatir, dia juga pernah melatih Makassar United di Liga 3 2012 dan PSM Makassar U-21 periode 2016.

Di Liga ini, perjalanan Gaspa 1958 kedepan masih cukup panjang. Laga home dan away bakal diberlakukan. Berdasarkan surat PSSI kepada club peserta nomor 5278/AGB/1634/XII-2019 sebanyak 32 tim yang akan berlaga. Itu akan akan dibagi dalam 8 grup. (ald/idr)



Click to comment

Most Popular

To Top