Kriminal

Brigpol SU Terancam 5 Tahun Bui

*Terjerat Kasus Sabu yang Diperoleh Dari Wajo

PALOPO — Oknum anggota Polres Polopo Brigadir SU (32) yang tertangkap bersama seorang warga sipil masih menjalani proses pemeriksaan intensif di ruang penyidik Sat Narkoba Polres Palopo. Keduanya telah resmi dijadikan tersangka dengan ancaman hukuman lima tahun penjara.

“Brigpol SU kita jerat dengan Pasal 114 ayat 1 dan 112 ayat 1 Undang-undang narkotika yang ancaman hukuman minimal 5 tahun maksimal 15 tahun. Demikian warga sipil, yakni tersangka Kurniawan Alias Wawan Keppang juga terancam 5 tahun penjara,” tegas Kapolres Palopo AKBP Alfian Nurnas melalui Kasat Narkoba Polres Palopo, AKP Zainuddin, kepada Palopo Pos, Minggu 12 Januari 2020 kemarin.

Ditegaskan Zainuddin, dalam Undang – undang RI Nomor 35 Tahun 2009 tentang narkotika, hukuman terberat dan ancaman pasal adalah hukuman mati. Untuk proses lebih lanjut, Brigpol SU tentunya akan menjalani pidananya setelah itu akan menjalani sidang kode etik. “Apakah tersangka SU nantinya dipecat, itu tergantung hasil sidang kode etik nantinya,” tegas Zainuddin.

Brigpol SU merupkan warga kelahiran Soppeng, Sulsel, 23 Januari 1987 silam. Namun selama bertugas di Palopo, Brigpol SU beralamat di Jl Anggrek, Kelurahan Tompotikka, Kecamatan Wara, Kota Palopo.
Sementara itu, lelaki Kurniawan Naim Alias Wawan Keppang (33), yang berprofesi sopir mobil, merupakan warga sipil yang beralamat di Jl. Kartini, Lorong II No 11, Kota Palopo. “Kedua tersangka ini teryata terlibat dalam peredaran narkoba di Kota Palopo. Bahkan diduga kuat keduanya memjual serbuk bening itu kepada para pelanggangnya,” ungkap Zainuddin.

Lanjutnya Zainuddin, penangkapan terhadap oknum polisi dan warga sipil itu berdasarkan informasi dari masyarakat. Di tempat kejadian perkara (TKP) polisi menemukan liman saset sabu seberat 4.76 gram, 1 set bong, 1 batang potongan kaca pireks yang berisi, 1 sendok sabu dari pipet plastik putih, dan 1 rice cooker atau pemanas nasi
. Selain itu ditemukan 1 buah sumbu, 1 buah plastik rokok.

“Semua barang bukti tersebut di atas ditemukan di dalam lemari pakaian Brigpol SU,” kata Kasat Narkoba.
Diketahui, kedua tersangka ditangkap 25 Desember 2019 lalu,sekitar pukul 20.30 Wita, tepatnya di Jl. Anggrek. Penangkapan terhadap Brigpol SU dipimpin Wakapolres Palopo, Kompol Ade Noho.

Tersangka tak bisa berkutik karena dalam penggeledahan ditemukan seperangkat barang bukti sabu yang diperoleh dari Desa Kaluku, Kabupaten Wajo lewat perantara tersangka Wawan Keppang. (him)



Click to comment

Most Popular

To Top
.