Utama

Februari, Kanim Palopo Mulai Layani Paspor Haji

R Haryo Sakti, kepala Kantor Imigrasi Palopo

PALOPO — Kantor Imigrasi Kelas III Non TPI Palopo terus meningkatkan Layanan Paspor Simpatik. Layanan Paspor Simpatik setiap hari Sabtu selama bulan Januari 2020. Hal ini juga terkait dengan Hari Bhakti Imigrasi ke-70 yang jatuh pada 26 Januari 2020. Lepas dari layanan yang cukup memanjakan masyarakat ini, Kantor Imigrasi Palopo kembali menyiapkan layanan prima untuk layanan paspor haji.
”Bulan Februari mulai masuk layanan paspor haji,” ujar Kepala Kantor Imigrasi (Kanim) Palopo, R Haryo Sakti, di sela-sela perbincangan santai dengan Direktur Utama Palopo Pos, Amran Suyuti, di Rumah Makan Restu Bondo, kemarin. ”Ada sekitar 700-an orang nanti yang akan mengurus paspor haji,” tambah R Haryo memperkirakan
Tahun lalu, Kantor Imigrasi Kelas III Palopo membuka layanan khusus untuk pengurus paspor yang ingin menunaikan ibadah haji. Layanan khusus tersebut dibuka setiap hari Sabtu. Hal ini dilakukan untuk mempermudah pengurusan paspor bagi para jamaah. “Ini bentuk pelayanan prima kami kepada para jamaah,” ucap R Haryo yang menjabat kanim Palopo kurang lebih satu tahun. Yang sertijabnya sendiri berlangsung 5 November 2018.
Pengurusan paspor haji kemungkinan tidak jauh beda dengan tahun lalu. Para jamaah datang mengurus paspor didampingi utusan Kemenag dari masing-masing daerah. Untuk diketahui, untuk pembuatan paspor jamaah haji, Imigrasi Palopo melayani lima kab/kota.
Di pertemuan yang berlangsung penuh canda dengan dirut Palopo Pos, kepala Imigrasi Palopo didampingi Syafruddin Nurdin, kepala urusan tata usaha kantor Imigrasi Kelas III Palopo, Syamsul, S.H.,M.M, kepala sub seksi pelayanan dan verifikasi dokumen keimigrasian, dan beberapa staf.
Selain berbicara pelayanan paspor yang terus mengalami peningkatan, kepala Imigrasi Palopo sangat terkesan selama menjabat kepala kantor Imigrasi Palopo. Persepsi bahwa Palopo terkesan keras, ternyata tidak seperti yang dipersepsikan orang luar sana. ”Sangat ramah. Ramah sekali. Palopo sudah seperti kampung sendiri,” ucap R Haryo sambil tersenyum.
Soal menu tradisional seperti kapurung. Dia (Haryo Sakti, red) sudah tidak bisa diceritakan lagi. Di luar sana, ia sudah bisa promo soal makanan khas orang Luwu Raya tersebut. ”Saya sudah pernah nikmati. Dan enak,” ucap dia.
Di bagian lain–alam Kota Palopo dengan dirinya seperti sudah menyatu. Itu karena R Haryo Sakti yang dikenal hobi ‘mountain bike’ sudah keliling. Jajal setiap medan yang menantang adrenalin. Kanim Palopo punya komunitas sepeda. Sampai-sampai ketika naik sepeda, ia dan komunitas sepeda membawa bekal dan makan bersama di pinggiran sawah. Hal ini salah satu cara merawat kebersamaan dengan staf di kantornya. ”Olahraga penting, bang,” ucapnya menasehati.
Syamsul, S.H.,M.M, kepala sub seksi pelayanan dan verifikasi dokumen keimigrasian, janji akan menyukseskan layanan paspor haji di Februari mendatang. ”Kita tak ada masalah. Sumber daya kita siap,” ucap Syamsul. Kantor Imigrasi Palopo sendiri sepanjang tahun 2019, mencatat penerbitan paspor sebesar 11.816. (ary)



Click to comment

Most Popular

To Top
.