Luwu

Hayarna Minta IKM Barambing Dioptimalkan

BELOPA—Ketua Dekranasda Kabupaten Luwu DR Hj Hayarna Hakim SH, M.Si, Selasa (14/1/2020) meminta keberadaan Sentra IKM Barambing di kecamatan Suli yang dibangun dengan angaran pulihan miliar dapat dioptimalkan pemanfaatannya. Penegasan tersebut diungkapkan Hayarna pada acara Rapat Kordinasi (Rakor) Fungsi Sentra IKM Barambing Kecamatan Suli.

Menurut Hayarna, sejatinya IKM Barambing ini harus menjadi kiblatnya produksi produk unggulan industri rumah tangga dan industri kecil menengah di Sulawesi Selatan, bahkan di tingkat nasional. Dan momentum tersebut dapat dilakukan pada saat HUT Ibukota Belopa ke-14 Februari 2020 mendatang.

“Peringatan Hari Jadi Ibukota Belopa ke-14 nanti harus kita jadikan momentum kebangkitan produksi produk unggulan Kabupaten Luwu, dimana setiap kecamatan diberikan kesempatan mengolah produksi unggulannya di rumah-rumah produksi di IKM Barambing. Ini adalah perwujudan sekaligus komitmen kita untuk mengotipmalkan IKM Barambing, ” Ungkap Hayarna.

Harapan Ketua Dekranasda yang juga Ketua TP-PKK Luwu, agara IKM Barambingdapat difungsikan secara optimal cukup beralasan, pasalnya Pemerintah telah memberikan bantuan pengadaan gedung tersebut, sehingga gedung ini harus dimanfaatkan seoptimal mungkin.

” Optimalisasi IKM Barambing akan disaksikan Bapak Gubernur Sulsel dan Ketua Dekranasda Propinsi Sulsel. Untuk mari sama-sama kita persiapkan lokasi ini menjelang HUT ke-14 Ibukota Belopa, ” Kata Hayarna.

Rakor ini dihadiri jajaran Dekranasda Luwu, pula hadir nara sumber, Kabid Perindustrian, Erwin Shardin, dan Kepala UPT IKM Barambing, Annas, serta para Camat dan Ketua TP-PKK Kecamatan se-Kabupaten Luwu. Dalam kesempatan tersebut Hayarna sangat berharap para Camat diwilayah masig-masing juga dapat mendukung dan mendorong lahirnya produk unggulan lokal pada wilayahnya masing-masing.

“Camat itu, selain berfungsi sebagai pelaksana pemerintahan di wilayah kecamatan  pula ia harus bisa menjadi komandan pertanian, dimana sangat diharapkan berperan aktif dalam melahirkan sebuah produk unggulan didaerahnya yang kemudian diproduksi di IKM Barambing ini”, Kata Hayarna, seraya mengatakan selain optimalisasi pengoperasian IKM Barambing, pula dirinya berharap kabupaten Luwu bisa meraih predikat kabupaten sehat serta mampu melakukan pengolahan sampah menjadi kompos.

Untuk diketahui, Pembangunan Barambing Sentra IKM Luwu ini dilakukan PT Piranti Jagad Raya, dengan konsultan pengawas CV Bias Monarchy. Setidaknya ada 15 item pekerjaan didalam satu lokasi, diantaranya, ruang produksi, gedung galeri, ruang pengelola, gedung UPT, mushallah, gudang, tandon air dan Ipal serta beberapa bangunan lain, termasuk pos jaga dan area parkiran. Barambing Sentra IKM ini merupakan kawasan sentra pengolahan pangan yang nantinya akan melibatkan puluhan pengusaha industri kecil dan menengah (IKM) yang ada di Kabupaten Luwu. Lokasi ini diharapkan bisa membuka lapangan pekerjaan di kabupaten Luwu. (and)



Click to comment

Most Popular

To Top
.