Ekonomi

Meningkat Rp9 Miliar, Bapenda Teratas Penyumbang PAD 2019

BOTING-–Realisasi Pendapatan Asli Daerah (PAD) untuk Tahun Anggaran 2019 di Kota Palopo selalu meningkat dari tahun ke tahun. Sementara, Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Palopo adalah mereka yang menyumbang PAD terbanyak dari beberapa Perangkat Daerah lainnya. Bahkan peningkatan PAD dari 2018 ke 2019 mengalami signifikan mencapai Rp9 miliar dari Rp31,88 miliar di tahun sebelumnya.

Bapenda) kota Palopo yang mengelola 13 item/jenis pendapatan yakni 11 pajak dan 2 retribusi – selalu berada di urutan paling atas dalam Top 12 PD penyumbang PAD di tahun lalu.

Ini bisa terlihat dari tabel yang menunjukkan jika Bapenda Palopo menyumbang 82,57 Persen dari total PAD sebesar Rp49.833.055.481,- atau setara Rp41.146.360.141,- di Tahun Anggaran 2019 lalu.

Kepala Badan Pendapatan Daerah Kota Palopo, Abdul Waris yang dihubungi Senin, 13 Januari melalui Asran Muhajir, Kepala Bidang Penagihan dan Pelayanan mengatakan, kepada wartawan mengatakan kenaikan realisasi PAD dari tahun ke tahun menunjukkan perbaikan kinerja petugas pemungut pajak atau retribusi yang juga semakin optimal disamping penggunaan alat atau teknologi yang meminimalisir tindakan koruptif bekerjasama KPK.

“Kenaikan PAD kota Palopo ini juga mengindikasikan pertumbuhan ekonomi di kota Palopo yang semakin baik, karena jika ekonomi kurang bagus tentu berimbas pada pembayaran pajak/retribusi para pelaku usaha itu sendiri, kami berharap kinerja yang cukup baik ini terus dipertahankan, karena suasana kota Palopo untuk para pelaku usaha semakin kondusif apalagi dengan bertambahnya sentra perekonomian baru,” katanya. (rul)



Click to comment

Most Popular

To Top
.