Ekonomi

Selain Modal, UMKM Butuh Perluasan Pasar

PALOPO—Pembinaan usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) untuk survive serta tumbuh dan berkembang terus dilakukan Pemerintah Kota Palopo. Sejumlah program dihadirkan untuk membina mereka, salah satunya adalah akses permodalan.

Diungkapkan Syamsuri, salah seorang pendamping UMKM mengakui permodalan masih menjadi masalah bagi usaha mikro tersebut. Dimana UMKM yang ada saat ini masih rata rata dikisaran mikro kecil. Namun dengan upaya pemerintah, ia melihat optimis lebih berkembang kedepan dalam hal mendapat akses permodalan.

Itu terlihat dari adanya program yang dihadirkan melalui Sistem Informasi Kredit Perbankan (SIKP) dihadirkan untuk mengidentifikasi UMKM yang membutuhkan akses permodalan. “Melalui SIKP ini UMKM akan diidentifikasi untuk mendapatkan akses modal ke perbankan, itu cukup membantu,” jelasnya.

Namun selain masalah permodalan, Samsuri mengatakan akses pasar dimana UMKM yang eksis saat ini butuh perluasan pasar. Yang tentunya harus mendapatkan bimbingan. “UMKM Palopo masih perlu perluasan pasar, sejauh ini mereka hanya meramaikan pasar lokal, hanya beberapa diantaranya yang merambah sejumlah daerah,” ucapnya.

Ia mencontohkan Bagea Enak. Dimana home industri tersebut tidak lagi masuk dalam kategori mikro tersebut telah merambah beberapa daerah. Atau Donpis Berlian yang juga sudah merambah daerah morowali dan beberapa daerah di sulsel serta Teri Gurih yang banyak dijadikan oleh-oleh. Masih sebagian kecil yang merambah pasar yang lebih luas. Pembinaan untuk UMKM harus terus dilakukan untuk naik kelas.

Beberapa waktu lalu, Pemnerintah Kota Palopo melalui TPAKD terus berupaya mendorong UMKM agar terus bertumbuh dengan memberikan akses permodalan di bank. Tentunya diharapkan UMKM ini memanfaatkan produk produk yangada seperti Kredit usaha Rakyat (KUR). Ini akan memberikan stimulan bagi para pelaku usaha. Tentunya diharapkan adanya bimbingan yang juga diberikan kepada para pelaku usaha agar bisa konsisten dan berkembang.(ald)



Click to comment

Most Popular

To Top