Metro

Air Terjun Lengkong Dewata, Objek Wisata Baru di Palopo

Wakil Ketua DPRD Palopo, Abdul Salam meninjau air terjun Lengkong Dewata. IDRIS PRASETIAWAN/PALOPO POS

LATUPPA — Kota Palopo ternyata menyimpan banyak objek wisata potensial yang masih “virgin”. Lokasinya pun tak terlalu jauh dari jalan poros Latuppa. Adalah air terjun Lengkong Dewata.

Jaraknya dari jalan poros Latuppa hanya sekira 1 km. Air terjun Lengkong Dewata sangat indah. Ketika melihat, perasaan akan langsung tenang lantaran hawa sejuk menggeliling lokasi yang berada di Dusun Rante Nase, Kelurahan Peta, Kec. Sendana, Kota Palopo.

Wakil Ketua DPRD Palopo, Abdul Salam berfoto di air terjun Lengkong Dewata. IDRIS PRASETIAWAN/PALOPO POS

Tak banyak yang tahu ternyata masih ada air terjun yang menarik dan belum terjamak.
Tak hanya satu, tetapi ada dua air terjun di lokasi yang berdekatan dengan Dusun Tandung, Kelurahan Peta ini.
Untuk menuju ke lokasi, bisa menggunakan sepeda motor, dan berjalan kaki sekira 100 meter selanjutnya sampai di air terjun.
Airnya jerni dan sejuk. Alamnya masih hutan yang diapit kebun durian warga.
Air terjun yang pertama memiliki ketinggian sekira 40 meter. Dan yang kedua, bertingkat.
Di atasnya ada kolam yang cukup luas untuk bisa ditempati berenang.

Wakil Ketua DPRD Palopo, Abdul Salam berfoto di air terjun Lengkong Dewata. IDRIS PRASETIAWAN/PALOPO POS

Hanya saja, kata Wakil Ketua DPRD Palopo, Abdul Salam yang meninjau air terjun ini, masih butuh perbaikan akses jalan masuk. Dengan cara dibuatkan rabat beton, serta anak tangga untuk menuju kolam air terjun.
Ditambahkan Ketua Fraksi PDIP DPRD Palopo, H. Herman Wahidin yang juga ikut meninjau, kalau dengan bantuan dinas terkait bisa menggunakan anggaran aspirasi anggota dewan untuk pembuatan akses jalan.

Wakil Ketua DPRD Palopo, Abdul Salam bersama anggota DPRD H. Herman Wahidin meninjau air terjun Lengkong Dewata. IDRIS PRASETIAWAN/PALOPO POS

“Ini bisa menjadi ikon baru pariwisata di Kota Palopo, sekaligus meningkatkan perekonomian warga sekitar karena mereka bisa membuka warung di sekitar lokasi air terjun,” ujar Abdul Salam.(idr)



Click to comment

Most Popular

To Top
.