FEMALE

Tekun, Sabar, dan Bersyukur

Hj Bunapati SE
Owner Cafe Paris

Tekun, sabar, dan selalu bersyukur. Itulah prinsip yang ditanamkan sosok female edisi hari ini dalam menjalankan usahanya hingga bisa berkembang. Adalah owner Rumah Makan Cafe Paris, Hj Bunapati SE.

Siapa yang tak kenal dengan Cafe Paris. Terletak di Jl Lingkar Timur. Namanya sudah terkenal hingga ke luar Pulau Sulawesi. Sudah banyak yang menikmati cita rasa khas kuliner Palopo. Utamanya ikan bakar parappe-nya. Ada dari Makassar, Jawa, hingga Papua sudah mampir.

Kepada Palopo Pos yang ditemui di tepat usahanya, Kamis 6 Februari 2020, Hj Bunapati bercerita bagaimana awal mula ia memulai usahanya yang penuh lika-liku, dan pasang surut.

Berangkat dari hobi keluarga yang suka dengan kuliner, Bunapati yang masih muda kala itu diminta oleh sang nenek untuk belajar memasak. Alhasil, setiap ada acara keluarga, ia pun yang dipercaya untuk meracik makanan khas keluarganya.

Setelah berkeluarga, disaat suami sibuk bekerja memperjuangkan aspirasi warga di DPRD Kota Palopo. Ia yang hanya tinggal di rumah memasak, lalu, mengurus anak, dan suami. Mulai berpikir bagaimana ia bisa membantu suami sekaligus menyalurkan hobi masak yang ia miliki, warisan turun temurun dari keluarga.

Suatu sore, ia jalan-jalan ke daerah Jalan Lingkar Timur yang baru saja dikerjakan Pemkot Palopo. Karena melihat, banyak pemuda-pemudi yang nongkrong setiap sore di sepanjang jalan ini, ia lalu meminta izin kepada suami agar membuka usaha kaki lima.

Usulan itu tidak mulus, suami bahkan tidak mendukung. Akhirnya dengan kebulatan tekad, Bunapati tetap jalan dengan nekad membuka usaha kaki lima.

“Awalnya hanya jualan jus, pop ice, gorengan, roti bakar. Alhamdulillah, hari pertama sudah dapat Rp200 ribu.Kemudian lanjut terus jualan,” ujarnya.

Waktu berlalu, usahanya terus berkembang. Karena mulai dikenal, berkat usulan salah satu kerabat H. Ahmad menyarankan bagaimana agar menjual juga makanan khas Palopo.

“Dari situ mulailah saya membuat ikan bakar parappe, udang goreng, kapurung, dan sebagainya. Menunya dibuat tester dulu, dicoba mana yang pas barulah disajikan. Karena masih terbilang baru usaha makanan ini, jadi H. Ahmad kala itu siap membantu promosi ke rekan-rekannya sesama kontraktor,” sebutnya.

Berkat promosi mulut ke mulut, pengunjung mulai ramai. Satu lesehan yang dibangun kala itu tak cukup, akhirnya minta ke suami untuk dibangunkan lagi yang baru. Jadilah dua lesehan. Dua juga tak cukup ditambah lagi, karena yang datang antri banyak sekali. “Sampai sebelum tutup untuk di Jalan Lingkar ada 14 lesehan yang dibangun,” katanya.

Adanya edaran dari Pemkot Palopo yang akan mensterilkan kawasan Jalan Lingkar Timur, membuat Hj Bunapati berpikir mau pindah kemana lagi. Pastinya kalau pindah, pelanggan juga pasti bingung dan lari.

Mau sewa ruko di kota cukup mahal. Akhirnya keluarga menyarankan tanah yang ada di dekat pintu masuk pelabuhan ditimbun saja, dan dibangun permanen.

“Sambil berjalan di Jalan Lingkar, jalan pula penimbunan. Waktu pengerjaan tempat ini (Cafe Paris,red) cukup singkat hanya 5 bulan sudah jadi dengan bangunan fisiknya. Setelah selesai, akhirnya yang di Jalan Lingkar pun saya tutup,” ujarnya.

Hingga saat ini, Cafe Paris menjadi rumah makan nomor 1 di Kota Palopo penyumbang PAD dengan nilai rata-rata Rp40 juta per bulan.

Lantas saat ditanyakan, awal mula menamakan tempat usahanya dengan Cafe Paris? Dijelaskan ibu empat anak ini, berawal dari istri anak pertama Andi Muh Tasar melahirkan, kemudian dinamakan Al Farizi. Akhirnya, dari nama cucu pertama inilah Cafe Paris dinamai.

Diakhir sesi tanya jawab, Hj Bunapati memotivasi kaum wanita, dan anak muda untuk jangan takut memulai suatu usaha yang betul-betul disukai.

“Intinya itu tekun, sabar, dan bersyukur. Jangan hari ini kurang penghasilan terus tutup. Sabar saja,” tutupnya. (idr)

Data Diri

Nama : Hj Bunapati SE
TTL : Masamba, 20 Juni 1973
Suami : H Herman Wahidin
Anak : 1. Andi Muh Tasar SH
2. dr Andi Hardianti Herman
3. drg Andi Kurniawan
4. Andi Kanaya
Jenjang Pendidikan : – S1 Ekonomi Manajemen Unanda
– SMAN 1 Palopo
– SMPN 2 Palopo
– SD 79 Tappong



Click to comment

Most Popular

To Top