Ekonomi

Harga Bawang Belum Stabil

*Stok Bawang Putih Aman, Bawang Merah Kurang

PALOPO-–Hingga pekan kedua bulan Februari harga sejumlah kebutuhan masyarakat terus berfluktuatif. Tergantung stok yang ada.

Seperti pada bawang putih yang harganya saat ini cenderung turun. Setelah pekan lalu harga komoditas tersebut sempat melonjak hingga mencapai Rp60 ribu per kilogram di tingkat pedagang pengecer. Alling, salah seorang pedagang pemasok di Pasar Andi Tadda Palopo, Kamis 13 Februari 2020, mengakui kalau harga kebutuhan masyarakat tidak menentu di saat ini yang sangat bergantung pada stok yang berasal dari luar palopo.

Ia mencotohkan bawang putih. “Satu minggu lalu kan Rp60 ribu, itu naik karna stok memang kurang apalagi bawang putih ini impor, sekarang turun menjadi Rp45 ribu per kilogram karna barang sudah banyak masuk, kemungkinan itu masih turun,”katanya.

Ia mengungkapkan sekarang ini susah memastikan harga itu tetap stabil. karna bisa tiba tiba naik tergantung jumlah barang. Seperti pada bawang merah yang cenderung naik saat ini. “Stok bawang merah kurang, kalo bawang putih stoknya masih aman, tadi baru baru masuk,”katanya. Untuk bawang merah sendiri Rp40 ribu per kilogram menjadi Rp50 ribu. “Pasokan yang kurang, itu kita ambil dari enrekang,”tandasnya.(ald)



Click to comment

Most Popular

To Top