Luwu

HMD Apresiasi Beberapa Capaian, Tapi Ingat Hal Subtansi yang Belum Diurus Baik

* Catatan Hari Jadi Kota Belopa ke-14
BELOPA– Anggota DPRD Provinsi Sulsel, Dr H Husmaruddin SE MM (HMD) memberi apresiasi terhadap beberapa capaian pembangunan di Kabupaten Luwu pada momentum Peringatan Hari Jadi Kota Belopa ke-14 yang jatuh pada tanggal 13 Februari 2020.

”Saya memberi dukungan full untuk program desa menanam TOGA dan jenis-jenis sayur, serta sarana bina KWT per desa,” ucap Husmaruddin kepada Palopo Pos, Jumat, 14 Februari 2020.

Namun demikian, legislator PAN asal Daerah Pemilihan (Dapil) Luwu Raya ini, mengingatkan hal-hal subtansi yang belum diurus dengan baik. Sedikitnya ada lima poin cacatan untuk Kab. Luwu, dan satu poin untuk Kab. Luwu Timur. Berikut catatan tersebut;

Pertama, konsep Segi Tiga Emas Kota Belopa yang yidak konsisten dilaksanakan oleh Pemkab Luwu mulai jalan lingkar dalam barat belakang Rujab Pammanu, tidak tembus ke Rumah Sakit Batara Guru Belopa. Jalan lingkar dalam sebelah timur depan Rujab tidak terurus, tidak jelas juga lapangan karena belum ada di Kec. Belopa Utara. Berikut jalan dua jalur Segitiga Emas Belopa-Bajo-Kamanre, tembus Kota Belopa tidak terwujud dengan titik tengah Buntu Lebani yang memiliki 27 Situs Sejarah. ”Semoga ke dePAN dipikirkan dan dilaksanakan sesuai Perdanya,” kata HMD ADA –(Dr Husmaruddin Anak Desa Andalan).

Kedua, mengingatkan janji politik BM-SBJ membangun dari desa ke kota diperjelas. Begitupun pelayanan kesehatan dan peningkatan kesejahteraan para pegawai sara’, khatib, guru ngaji, serta tenaga honorer.

Ketiga, perwujudan pendidikan yang bernuansa religius di Kab. Luwu. Keempat, program ketahanan pangan belum jelas. Misalnya pembibitan kakao dan kopi, serta penggilingan besar yang dijanjikan Gubernur tahun lalu belum disiapkan tempat dan SDM-nya. Penyiapan Alsinta, pupuk dan sarana produksi Lainnya.

Lima, penetapan kawasan prioritas percepatan pembangunan pedesaan belum dilakukan. Padahal Kab. Luwu memiliki desa tertinggal yang paling banyak di Sulsel dan punya peluang dapat bantuan APBN dan APBD Provinsi kalau direncanakan dengan baik. Begitupun penetapan kawasan kumuh daerah pesisir yang bisa masuk Kewenangan provinsi.

Selain itu, HMD menambahkan catatan sesuai hasil reses yang dilakukan sebelumnya. Seperti masalah pertambangan galian c, tambang Masmindo, pendidikan SMA/SMK, masalah pesisir, kehutanan, infrastruktur. Termasuk masalah tambang PT Vale, PT PULL, dan PT CLM di Lutim, masuk dalam catatan hal subtansi yang belum diurus dengan baik.

”Semoga perhatian pihak berwenang untuk mengimplementasikan segera dan ini semua menjadi kado terindah di ulang tahun Kota Belopa yang ke-14 ini. Salam HMD ADA,” ucap mantan Wakil Ketua DPRD Luwu ini. (ikh)

box

Catatan Hari Jadi Kota Belopa ke-14

1. Konsep Segi Tiga Emas Kota Belopa yang yidak konsisten dilaksanakan oleh Pemkab Luwu mulai jalan lingkar dalam barat belakang Rujab Pammanu, tidak tembus ke Rumah Sakit Batara Guru Belopa. Jalan lingkar dalam sebelah timur depan Rujab tidak terurus, tidak jelas juga lapangan karena belum ada di Kec. Belopa Utara. Berikut jalan dua jalur Segitiga Emas Belopa-Bajo-Kamanre, tembus Kota Belopa tidak terwujud dengan titik tengah Buntu Lebani yang memiliki 27 Situs Sejarah.

2. Mengingatkan janji politik BM-SBJ membangun dari desa ke kota diperjelas. Begitupun pelayanan kesehatan dan peningkatan kesejahteraan para pegawai sara’, khatib, guru ngaji, serta tenaga honorer.

3. Perwujudan pendidikan yang bernuansa religius di Kab. Luwu.

4. Program ketahanan pangan belum jelas. Misalnya pembibitan kakao dan kopi, serta penggilingan besar yang dijanjikan Gubernur tahun lalu belum disiapkan tempat dan SDM-nya. Penyiapan Alsinta, pupuk dan sarana produksi Lainnya.

5. Penetapan kawasan prioritas percepatan pembangunan pedesaan belum dilakukan. Padahal Kab. Luwu memiliki desa tertinggal yang paling banyak di Sulsel dan punya peluang dapat bantuan APBN dan APBD Provinsi kalau direncanakan dengan baik. Begitupun penetapan kawasan kumuh daerah pesisir yang bisa masuk Kewenangan provinsi. (*)



Click to comment

Most Popular

To Top