Utama

“Kado” Rp138 M di Hari Jadi Belopa

* Diserahkan Wagub Andi Sudirman ke Bupati Luwu

BELOPA — Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan memberikan “kado” kepada Pemerintah Kabupaten Luwu senilai Rp138 miliar.

Kado tersebut diterima Bupati Luwu, Drs H Basmin Mattayang disaksikan Wabup Luwu, Syukur Bijak, Ketua Tim PKK Luwu, Hayarna Basmin, dan Wakil Ketua TP PKK, Elnita Pakolo.

Wakil Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman menyatakan, Pemprov Sulsel akan selalu hadir untuk masyarakat Kabupaten Luwu.

“Kami berkomitmen untuk membangun infrastruktur akses di daerah. Salah satunya jalan dan jembatan menghubungkan Bua-Rantepao yang menjadi program strategis Pemprov Sulsel, juga jalan ruas Latuppa-Bongko-Salu Limbung-Pantilang,” ujar Wagub Sulsel yang juga adik mantan Menteri Pertanian Amran Sulaiman ini.

Wakil Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman hadir mewakili Gubernur Sulsel, Prof Nurdin Abdullah.
Wagub saat memberikan sambutan di puncak HUT Kota Belopa ke-14 sebagai Ibu Kota Kabupaten Luwu di Rujab Bupati Luwu, Pammanu Belopa, Kamis (13/2/2020) mengatakan, sebagai bentuk kepedulian pemprov, walaupun kami tidak hadir setiap hari di sini, tapi kehadiran kami dapat dirasakan seluruh masyarakat Luwu berupa pembangunan infrastruktur dan pembangunan ekonomi daerah.

Bantuan dari Pemprov Sulsel untuk Kabupaten Luwu berupa penanganan jalan dan jembatan untuk tahun 2020 sebesar Rp118 miliar, sedangkan bantuan keuangan sebesar Rp20 miliar.

“Saya berharap kepada seluruh Kepala Daerah untuk saling menjemput program, dan saling menjaga komunikasi dengan baik,” sambungnya.

Sebelum acara dimulai, Wagub menyempatkan ber-swafoto bersama tamu dan undangan yang hadir. Dalam kesempatan ini, Wagub menandatangi penyerahan bantuan yang diberikan kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Luwu.

Bupati Luwu Basmin Mattayang menyampaikan terima kasih kepada Wakil Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman atas kesediaanya hadir di kabupaten Luwu.
“Wakil Gubernur hadir membawakan ole-ole untuk masyarakat Luwu berupa bantuan infrastruktur dan bantuan keuangan.

Juga 1 mobil ambulans, 1 unit mobil pemadam kebakaran, 1 unit mobil perintis, dan 1 unit mobil operasional dari Bank Sulselbar,” ungkap Basmin Mattayang
Bupati Luwu, Basmin Mattayang juga menyinggung salah satu keinginan masyarakat Luwu, yakni pemekaran Kabupaten Luwu Tengah.

”Keinginan masyarakat Luwu adalah terbentuknya Daerah Otonomi Baru (DOB) Luwu Tengah,” kata Basmin disambut tepuk tangan ribuan hadirin.
Basmin berharap, Pemprov Sulsel khususnya Gubernur dan Wakil Gubernur secepatnya menyampaikan ke Presiden agar kabupaten Luwu Tengah bisa segera terbentuk.

”Kita harapkan melalui jalur khusus Gubernur ke presiden, cita-cita masyarakat ini diwujudkan,” katanya.
Basmin menyatakan bersama dengan Wakil Bupati, Syukur Bijak, dirinya akan berjuang untuk Luwu Tengah. Beberapa waktu lalu, Bupati dan Wakil Bupati Luwu menyerahkan berkas Luwu Tengah ke Gubernur.

Memaknai HUT Kota Belopa

Menurut Basmin, peringatan HUT Kota Belopa merupakan peristiwa bersejarah oleh masyarakat Luwu. Oleh karena itu kehadiran masyarakat di acara tersebut merupakan ungkapan rasa syukur.

“Sebagaimana tema temanya, mandiri, berdaya saing dan bernuansa religius. Makna hari jadi tahun ini adalah bagaimana mengingatkan kita akan ajaran kebaikan mulia keikhlasan, bermakna makna perjuangan dan pengabdian,” ujarnya.

“Saya yakin Bumi Sawerigading akan menjadi motor penggerak provinsi Sulsel. Inilah momentum kita menjalin persatuan dan kesatuan sesama Wija to Luwu,” tambahnya.

Bupati Luwu berpesan agar Luwu harus bisa menjadi mercusuar pedoman bagi masyarakat luas dalam melaksanakan pembangunan.

“Kita harus memiliki cita-cita besar menjadikan daerah yang maju dan mandiri. Bekerja dengan semangat pantang menyerah, semangat berkorban,” katanya.
Peringatan Hari Jadi Kota Belopa sebagai Ibu Kota Kabupaten Luwu ke-14 dihadiri Wali Kota Palopo, Drs HM Judas Amir, Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani, Wabup Luwu Syukur Bijak, Anggota DPRD Sulsel, Fadriaty AS, Irwan Hamid, Rakhmat Kasjim, Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia (DMI) Provinsi Sulsel, Mayjen TNI (purn) HM Amin Syam, dan sejumlah undangan lainnya. (fan/idr)



Click to comment

Most Popular

To Top