Ekonomi

Kuota FLPP Diperkirakan Habis Bulan Mei

PALOPO--Kuota rumah bersubsidi sampai saat ini masih menjadi kekhawatiran para pengembang dan calon user di BTN Kantor Cabang Palopo tidak cukup.

Padahal harapan pengembang tahun 2020 ini seluruh calon user dari tahun lalu sudah bisa akad kredit. Dimana kuota sudah ditunggu sejak pertengahan tahun 2019 lalu. Khususnya untuk skim FLPP.

Diungkapkan Kepala BTN KCP Palopo Andi Akkang saat diwawancara Palopo Pos baru baru ini, kuota tahun 2019 kembali diperkirakan lebih cepat habis, khususnya Fasilitas likuiditas pembiayaan perumahan (FLPP). Namun demikian BP2BT bisa menjadi alternatif. “Prediksi kita itu bulan mei sudah habis (FLPP),”kata Andi Akkang saat ditemui di kantornya.

Memang kuota FLPP untuk tahun 2020 ini sebanyak 102 Ribu rumah dari 37 bank penyalur skim kredit tersebut. Baik konvensional maupun syariah. Komposisinya terdiri atas 10 bank nasional dan 27 Bank Pembangunan Daerah (BPD). BTN sendiri secara nasional mendapat 39 persen kuota dari 37 bank yang menyalurkannya.

Sejumlah pengembang yang enggan disebutkan namanya kepada Palopo Pos mengungkapkan masih ada calon user mereka sejak tahun 2019 lalu yang belum akad kredit. Jika tak kunjung dilakukan tentunya calon user akan kecewa. “Saya masih ada calon userku yang dari tahun lalu yang masih menunggu,”ungkap pengembang tersebut.

Terkait jumlah kuota tersebut, untuk BTN KCP Palopo enggan membocorkan. Namun, Andi Akkang menyebutkan pihaknya tetap akan melakukan realisasi sebanyak-banyaknya. “Tak ada jumlah kuota tertentu, tidak seperti tahun lalu. Tapi kita tetap dituntut untuk melakukan realisasi sebanyak-banyaknya,”katanya. Karena itu pihaknya mengharapkan para pengembang dan calon user agar pro aktif.

Proses akan tetap diakomodir selama syarat-syaratnya lengkap.”Akad kredit akan tetap dilakukan, selama mitra kita (Pengembang) pro aktif pasti proses akad kredit user terpenuhi, karna kuncinya adalah rumah yang dibangun selesai, syarat syarat tidak ada masalah seperti persetujuan dari Bank, Sikasep oke, fasilitas di perumahannya oke pasti calon user akad kredit,”tandasnya. (ald)



Click to comment

Most Popular

To Top