Utama

Pasangan Calon Berebut Rekomendasi

* Indah-Suaib, Thahar-Rahmat, dan Arsyad-Andi Sukma

MASAMBA — Pemilihan Bupati Luwu Utara tahun 2020 ini kemungkinan besar akan diikuti tiga pasangan calon. Yakni, petahana Indah Putri Indriani-Suaib Mansyur, petahana Muh Thahar Rum-Rahmat Laguni, dan Arsyad Kasmar-Andi Sukma.

Para pasangan calon ini pun mulai “bergerilya” mendapatkan rekomendasi partai. Mereka bahkan langsung membidik ke Dewan Pimpinan Pusat (DPP).
Hanya saja, dilihat dari peta politik dari parpol saat ini, pasangan calon sesumbar telah mampu meyakinkan partai untuk memenuhi persyaratan dukungan kursi di parlemen.

Pasangan Indah Putri dengan Suiab Mansyur yang didukung Partai Golkar percaya diri diusung Partai Golkar. Lantaran memiliki 8 kursi di DPRD, Partai Golkar mantap mengusulkan satu nama ke DPP.

Selanjutnya, Indah juga membidik dukungan dari beberapa partai sebut saja dari PDIP.
Kepada Palopo Pos, Bupati Indah mengatakan belum mengumumkan calon wakilnya, hanya saja warga sudah pada tahu. “Sabar ki tunggu miki bosku,” kata Indah melalui pesan WA-nya, kemarin.

Saat ditanya kapan deklarasi, Indah mengatakan tidak ada deklarasi langsung ke KPU saja.
Sementara itu, Partai Nasdem hampir pasti mengusung Ketua DPC Nasdem Lutra, Muh Thahar Rum.

Thahar memilih anggota DPRD Lutra dari Partai Gerindra, Rahmat Laguni sebagai pasangannya. Wakil Ketua DPRD Luwu Utara, Awaluddin yang juga kader Partai Nasdem mengatakan, bahwa paket Thahar Rum dan Rahmat Laguni sudah final, dan kesepakatan itu juga didukung oleh Pengurus Provinsi Partai Gerindra.

Dengan adanya paket ini, sambungnya, tentunya pihaknya akan membuktikan bahwa Pilkada Lutra bukan peti kosong, dan mereka ini adalah kader terbaik di masing-masing partai.

Terkait dengan kendaraan politik, bahwa memang jika menginginkan kadernya, kita juga menginginkan bersama partainya, dan ini mendapat respon dari provinsi.
Namun, lanjutnya, jika nantinya Gerindra tidak bersama dengan Nasdem, kita masih memiliki alternatif yaitu, Perindo, PKB dan PKS.

Hanya saja, untuk Partai Demokrat, nampaknya kembali pikir-pikir untuk mengusung Muh Thahar Rum, lantaran adanya perintah dari DPD Demokrat Sulsel untuk melakukan penjaringan ulang figur calon yang akan diusung.

Sementara itu, bakal calon lainnya Ketua Gerindra, Arsyad Kasmar juga calon bupati terus melakukan komunikasi politik dengan sejumlah partai termasuk Partai Hanura, dan mulai berkembang bahwa Arsyad akan mengandeng kader Partai Hanura yakni, Andi Sukma yang juga anggota DPRD Luwu Utara. hal ini terlihat saat Arsyad menyampaikan visi-misi di Partai Hanura di Makassar belum lama ini.

Sementara itu, petahana Indah Putri Indriani dikabarkan tetap mengandeng Kadis PUPR Lutra, Suaib Mansyur.
Arsyad-Andi Sukma atau yang mulai dikenal dengan tagline ASYIK sudah dipastikan akan diusung Partai Gerindra dengan memiliki 3 kursi di parlemen Lutra. Menyusul Partai Hanura dengan 4 kursi. Apalagi pekan lalu, Arsyad telah mengikuti konvensi Partai Hanura sebagai persyaratan mendapat rekomendasi yang dilaksanakan di Hotel Singgasana, Makassar.

Pengusaha sukses ini mengatakan, bahwa selain masih mencari partai pengusung. “Saat ini pihaknya mendatangi tokoh masyarakat Luwu Utara dalam rangka minta restu untuk maju sebagai calon Bupati. Saya ini lahir sangat mencintai Luwu Utara, tentu tahu persis seperti apa kondisinya.

Dulu saya hibahkan tanah saya untuk membangun Asrama Brimob di Baebunta, itu salah satu bukti bahwa saya cinta tanah kelahiran saya agar bagimana supaya aman dan kondusif,” ujarnya.
Arsyad mengaku hanya ingin mengabdi di tanah kelahirannya bukan mengejar jabatan apalagi mau mencari keuntungan atau harta.

“Saya ini sudah cukup umur, usaha saya sudah cukup bisa menghidupi saya anak-anak saya, cuma daerah kita yang kaya SDA harus lebih maju lagi, potensi yang kita miliki harus kite kelolah dengan baik, banyak sekali potnesi yang belum dikelolah untuk Kesejahteraan masyarakat,” pungkasnya.

Selain di Partai Hanura dan Gerindra, Arsyad juga telah mengikuti fit and profer di DPD PKB Sulsel.(jun/mah/idr)



Click to comment

Most Popular

To Top