Ekonomi

Plafon KUR Mikro Capai Rp50 jutaan

*BNI Sosialiasi di Dinas perikanan

PALOPO–Dinas Perikanan melakukan sosialisasi penguatan modal usaha mikro “Kredit Usaha Rakyat (KUR)” untuk Kelompok Pengolah dan Pemasaran. Kegiatan ini bekerjasama dengan PT. Bank Negara Indonesia (BNI) Cabang Palopo, Kamis 13 Februari 2020.

Kepala Dinas, Hj. Nurlaeli S.Pt.,MP menyampaikan, kegiatan ini dilakukan untuk mempercepat akses keuangan untuk pinjaman modal usaha melalui KUR oleh masyarakat kota Palopo dimana kali ini bermitra dengan pihak BNI dimana fasilitas KUR yang ada di perbankan tersebut lebih mudah difahami untuk oleh para pelaku usaha di sektor perikanan dan kelautan ” Hari ini kita menghadirkan pihak BNI untuk bisa menyampaikan seperti apa program yang mereka sarankan”. Katanya

Ini merupakan kegiatan yang kesekian kalinya dilakukan kepada para nelayan kemudian pembudidaya rumput laut. Bersama perbankan akses keuangan disosialisasikan dengan masyarakat pengolah dan pemasar. “Jadi program pemerintah ini memberikan kemudahan kepada masyarakat untuk bagaimana usaha-usaha untuk melanjutkan dan meningkatkan usaha kita bisa lebih baik, bisa lebih maju dan bisa lebih berkembang”. Ujarnya. Hadir di acara ini Asisten III Bidang Administrasi Umum, Dr Ishaq Iskandar, Kepala Bagian Ekonomi Setda Kota Palopo, M. Tahir, jajaran Bank BNI dan jajaran DPMPTSP Kota Palopo.

Diketahui Kredit Usaha Rakyat (KUR) merupakan program pinjaman modal kerja dan investasi dari pemerintah yang ditujukan bagi UMKM di Indonesia. Program ini dilaksanakan dengan memberikan kemudahan bagi pelaku UMKM yang selama ini sulit mengakses permodalan dari Bank. Baik karena ketidaktersedianya agunan tambahan maupun legalitas usaha.

Selain itu, KUR diberikan dengan subsidi suku bunga sehingga debitur cukup membayarkan bunga pinjaman sebesar 6 persen per tahun yang ditujukan untuk sektor produktif. Plafon pinjaman yang dianjurkan yakni untuk Plafon KUR Mikro yang banyak dipakai oleh UMKM Rp50juta yang sebelumnya hanya Rp25 jutaan. Nasabah bisa memilih bisa memilih tenor pinjaman mulai 1 tahun hingga 5 tahun dengan cicilan ringan sesuai tabel KUR BNI.(ald)



Click to comment

Most Popular

To Top