Luwu

Komisi I Warning Satgas Corona

* Minta Lokalisir Pintu Masuk ke Luwu

BELOPA—Komisi I DPRD Kabupaten Luwu, Selasa (17/3) menggelar rapat kordinasi (Rakor) pencegahan penyebaran virus corona Rakor ini dipimpin langsung Ketua Komisi l DPRD Luwu Nur Alam Ta’gan SFil, M.Si. Dalam rapat tersebut wakil rakyat DPRD Luwu menegaskan kepada Satgas yang dibentuk Bupati Luwu untuk penanggulangan virus Corona, untuk bergerak cepat.

“Senin Bupati Luwu sudah menggelar Rakor dan menerbitkan surat edaran terkait pencegahan penyebaran virus corona dan ditindak lanjuti dengan pmbentukan tim Satgas. Kami di komisi I DPRD Luwu hari ini Selasa juga menggelar rapat kordinasi dengan pihak terkait dan meminta tim Satgas untuk bergerak cepat melakukan upaya tindakan pencegahan penyebaran virus corona. Kami minta jangan berlama-lama di belakang meja menunggu hal-hal yang berbau administrasi. Kita harus melakukan aksi sesegera mungkin dilapangan,” ungkap Nuralam Ta’gan.

Wakil Ketua Komisi I, H Lahmuddin SH, MH, mengatakan, berdasarkan laporan dari sejumlah OPD terkait yang berada di garis terdepan dalam hal pencegahan penyebaran virus corona, komisi I menyimpulkan, belum ada kesiapan yang paripurna dalam nenghadapi kejadian bila ada warga Luwu yang terjangkit virus corona.

“Kami melihat ini masih gejala awal yang bisa saja penyebaran virus corona ini berkembang lebih banyak dua atau tiga bulan kedepan. Tetapi berdasarkan keterangan pejabat dinas kesehatan dan direktur RSUD Batara Guru Belopa, komisi I menyimpulkan kita sama sekali belum mempersiapkan diri secara paripurna. Sehingga mulai dari sekarang Satgas yang dibentuk ini harus bergerak cepat,” kata Lahmuddin seraya menambahkan komisi I meminta tim Satgas segera melakukan lokalisir diarea perbatasan terhadap pergerakan keluiar masuk barang dan orang dari dari luar dan dalam wilayah Kabupaten Luwu.

Asisten I Pemkab Luwu, Yermia Maya yang ditunjuk sebagai Ketua Tim Satgas Penanggulangan Penyebaran Virus Corona, mengatakan pihaknya akan menindaklanjuti rekomendasi yang dilahirkan komisi I DPRD Luwu. Pihaknya juga akan segera melakukan rapat untuk menindaklanjuti pasca dibentuknya tim Satgas oleh Bupati Luwu saat rapat di Makassar, pada Senin lalu.

“Kami baru saja pulang dari Makassar. Insha Allah Rabu besok kami akan melakukan rapat untuk mengambil langkah-langkah taktis. Kami juga akan menindaklanjuti rekomendasi rapat di komisi I DPRD Luwu ini, ” Kata Yermia Maya. (and/rul)



Click to comment

Most Popular

To Top
.