Utama

Setelah Menghadap Wali Kota, FKJ Hentikan Sementara Ceklok

Farid Kasim Js, SH, M.Si, Kepala BKPSDM Kota Palopo

PALOPO — Setelah menghadap langsung Wali Kota Palopo HM Judas Amir, Farid Kasim Judas, SH, M.Si, kepala BKPSDM Kota Palopo langsung menghentikan sementara ceklok bagi ASN di lingkup Operasi Perangkat Daerah (OPD) se Kota Palopo. Sebagai gantinya kehadiran ASN cukup selembar kertas–surat pernyataan– dinyatakan hadir yang ditandatangani oleh kepala dinas dan sekretaris dinasnya.
Dengan adanya kebijakan ini, kepala perangkat daerah (PD) dan sekretaris OPD akan bertanggungjawab penuh atas tingkat kehadiran para ASN di lingkup OPD masing-masing. Mereka yang diharapkan melihat dan mengecek satu-satu ASN yang masuk kantor.
Selain menghentikan ceklok sementara, Pemkot Palopo yang sangat mendukung instruksi Presiden RI Joko Widodo tidak memberlakukan pula absen manual di atas kertas. ”Karena absen manual di atas kertas masih rentan terjadi perpindahan kalau saja ada virus,” tandas Farid Kasim Judas (FKJ) kepada Palopo Pos, Jumat 20 Maret 2020. ”Ini perintah langsung bapak wali kota setelah saya menghadap. Kemudian saya tindaklanjuti untuk meniadakan sementara ceklok bagi para aparatur sipil negara (ASN),” tandasnya.
Bagaimana kalau ada ASN sakit dan tidak masuk kantor, sanksinya apa? ”Kita akan lihat dulu,” ucap FKJ. ”Kan pasti kalau tidak masuk pasti ada alasannya tauwwa,” lanjutnya.
Di sinilah pimpinan OPD dan sekretarisnya berperan untuk bersama-sama mendukung perintah wali kota dalam menegakkan kebijakan Presiden RI di tengah pencegahan Corona. ”Kalau ia sakit harus ada bukti surat yang menyatakan yang bersangkutan sakit,” paparnya.
Begitu pun kalau tidak masuk kantor. Harus dibuktikan dengan pernyataan di atas surat. Jadi semua ada mekanisme dan prosedur. ”Saya kira teman-teman ASN dan masyarakat bisa menerima ini. Ini saya kira adalah bagian dari etika kehidupan berbangsa dan bernegara. Dan kita semua harus taat asas,” tandas FKJ.
Dengan ditiadakannya ceklok sementara di Pemkot Palopo tidak lain untuk mendukung instruksi Presiden Jokowi untuk mencegah penyebaran virus Corona.
FKJ dari ruang kerjanya mengimbau para ASN untuk tetap melaksanakan kegiatan di kantor. Masuk tepat waktu, pulang sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan. ”Pelayanan kepada masyarakat harus tetap jalan. Karena kita hadir untuk melayani masyarakat kita di Kota Palopo,” imbuhFKJ yang juga kepala DPPKB Kota Palopo.
Dan yang tidak kalah pentingnya, imbuh dia, ASN tetap menjaga pola hidup sehat dan rutin berolahraga di pagi hari. Apalagi, virus Corona sangat mersahkan masyarakat.
Kata dia, penyebaran Covid-19 ini tidak pandang bulu. Siapapun bisa terjangkit, termasuk pejabat negara.
Guna mengantisipasi merebaknya virus Corona di Kota Palopo, khususnya di kalangan Aparatur Sipil Negara (ASN), FKJ sekali lagi menekankan untuk selalu menerapkan pola hidup sehat dan menjaga sistem imunitas tubuh serta pola hidup bersih.
“Saya juga mengingatkan semuanya agar senantiasa berpikiran positif dan tidak lupa selalu menjaga perilaku kita setiap hari,” tandas birokrat muda yang juga pengurus DPP KNPI ini.
Dan yang terpenting, lanjutnya, tetap beribadah dan berdoa kepada Allah SWT. Tuhan yang Maha kuasa atas segalanya. “Agar kita diberi kesehatan dan dijauhkan dari virus Corona,” imbuhnya.(ary)



Click to comment

Most Popular

To Top
.