Ragam

Masker Bisa Dicuci Ulang

* Begini Cara Bikin Cairan Desinfektan

PALOPO — Masker yang biasanya hanya digunakan sekali pakai, rupanya bisa dicuci ulang untuk dipakai kembali. Caranya cukup simpel. Rendam masker pada cairan campuran bayclin dengan air selama 20 menit. Lalu jemur di bawah terik matahasi langsung. Setelah kering, disetrika dengan menggunakan pelapis.

Hal tersebut diungkapkan petugas Puskemas Wara, Maryam M SKM MKes pada kegiatan Tiga Pilar Wara Rapat Bersama Lawan Corona, Senin, 23 Maret 2020 kemarin.

Menurutnya, anjuran cuci ulang masker terpaksa dilakukan mengingat stok masker saat ini, sangat terbatas, bahkan sudah langka di pasaran. Di Puskesmas Wara saja, setiap petugas hanya diberi jatah satu masker satu hari. ”Untuk antisipasi kelangkaan, kita sarankan untuk cuci ulang,” terangnya.

Pada Rapat Bersama Lawan Corona, Kepala Puskesmas Wara, A Tenrigau Nursim SKM bersama jajarannya, melakukan simulasi pembuatan cairan disinfektan di hadapan para Lurah, Babinsa, dan Babinkamtibmas.

Petugas yang membuat wajib pakaian plastik tertutup (mantel dan semacamnya), sepatu booth, tutup kepala, dan sarung tangan plastik. Alat yang disiapkan, tangki atau alat semprot, alat masak, gelas ukur, dan baskom.

Bahan terdiri; bayclin atau so klin, atau pun wepool 95 mililiter (ml). Air masak yang telah didinginkan sebanyak 950 ml. Perbandingan simpelnya 1:10, satu gelas bayclin, dicampur 10 gelas air lalu dikocok dan dimasukkan ke dalam tangki atau alat semprot.

Larangan, jangan campur cairan pemutih dengan cairan lain. Jangan disemprot pada makanan atau minuman. Biarkan kering. Hanya berlaku dari pagi sampai sore hari. ”Karena petugas dan bahan sangat terbatas, masyarakat bisa membuatnya secara mandiri di rumah,” ucap Maryam. (ikh)



Click to comment

Most Popular

To Top
.