Metro

RS At Medika Jamin Steril dari Corona

PALOPO— Koordinator Persatuan Rumah Sakit Indonesia (PERSI) Wilayah Utara Sulselbar, dr Anton Yahya menegaskan RS At Medika steril dari virus corona. Itu karena semua ruangan dan peralatannya disemprot desinfektan setiap tiga jam.

”Jadi masyarakat tidak usah terlalu panik dan takut ke rumah sakit. Yang penting, tingkatkan perlindungan diri,” kata dr Anton di kantor Palopo Pos, Selasa, 24 Maret 2020 kemarin.

Lanjut dia, hampir setiap saat dilakukan penyemprotan cairan desinfektan di RS Atmedika, Jl. Andi Djemma, Palopo. Mulai dari lantai, dinding, pintu, kursi, meja, semua peralatan medis, termasuk petugas rumah sakit yang mencapai 200 orang, sudah steril semua.

Justru yang dikuatirkan tempat-tempat ramai seperti pasar, terminal, dan area publik lainnya, lebih berpotensi penularan virus. Harusnya, tempat dan fasilitas umum seperti ini, lebih dulu disterilkan.

Mengenai pasien DPD yang dirujuk dari RS At Medika ke RSUD Sawerigading, Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Palopo, dr Hamsakir SpB menambakan, sebenarnya kondisi pasien tidak separah yang dibayangkan.

”Yang bersangkutan masih bisa jalan, bisa bicara. Hanya saja, Standar Prosedural Operasional (SOP) yang mengharuskan seperti itu, sehingga penanganangannya harus steril dari apapun. Petugas yang menangani harus pakai APD standar, pasien juga tidak boleh terkontaminasi dengan orang lain. Jadi jangan kita panik menghadapinya, tapi tetap waspada,” ujar Hamsakir. (ikh)



Click to comment

Most Popular

To Top
.