Utama

Tiga Warga Purangi Diisolasi

* Terkait Klaster Kapurung Parepare, Di Wotu, Lima Perawat Positif Rapid Test

PALOPO — Tiga warga Kelurahan Purangi, Kec. Sendana, Kota Palopo, tengah menjalani diisolasi di RSUD Sawerigading Palopo, lantaran ketiganya terkait dengan kasus Corona klaster Kapurung di Parepare.

Ketiga sempat melakukan kontak dengan AM, pelaut asal Bajo. Ketiganya pernah berkunjung ke Bajo, rumah keluarganya di Luwu.
Juru Bicara gugus tugas covid-19 Palopo, dr Ishaq Iskandar mengatakan, kalau ketiganya sejak, Selasa 4 Mei 2020, sudah diisolasi di RSUD Sawerigading, serta telah melakukan pemeriksaan Rapid Test, dan hasilnya reaktif (positif).

“Iya betul, ketiganya warga Purangi, hasil tracing, dan hasil Rapid Test-nya positif, dan sejak Selasa sudah jalani isolasi di RSUD Sawerigading,” ujarnya, Kamis 7 Mei 2020.

Ditambahkan Asisten III Pemkot Palopo ini, ketiganya juga telah dilakukan pengambilan sampel swab tenggorokan sebanyak 2 kali untuk dikirim ke BBLK Makassar.

“Baru di-swab pertama kemarin (Rabu,red), dan hari ini (Kamis kemarin,red). Ini hari di-swab kedua, baru dikirim ke BBLK Makassar sebentar, karena prosedurnya 2 kali swab, baru mau dikirim bersamaan,” tambahnya.

Dari informasi yang diperoleh Palopo Pos, dari ketiga warga tersebut dua orang merupakan ibu dan anak inisial BJ (40), sedang anaknya J (2) beralamat di perumahan Bukit Lewadang, Kelurahan Purangi, Kecamatan Sendana.

Informasi yang dihimpun jika yang bersangkutan BJ merupakan salah seorang petugas medis di Puskesmas Sendana Kota Palopo. Yang bersangkutan juga diketahui kakak kandung dari warga Bajo yang terkonfirmasi positif setelah baru saja berlayar. Selain itu, yang bersangkutan juga sedang hamil 3 bulan.

Bersangkutan diketahui positif Corona setelah memiliki riwayat kontak dengan sang adik di Bajo 22 April 2020, yang saat itu kumpul bersama dalam suatu acara untuk menyambut masuknya bulan suci Ramadan.

Sebagaimana diketahui, istilah Kluster Kapurung diberikan lantaran penyebaran virus tersebut bermula dari acara makan kapurung bersama yang dilakukan oleh pasien pertama berinisial AM, warga Bajo, Kab. Luwu di rumahnya di Parepare dengan mengundang para kerabatnya.

Karena nekat membuat acara di tengah pandemik, satu keluarga dan beberapa tetangganya dinyatakan positif Corona.

Bayi 4 Bulan

Di Parepare masih berkaitan klaster Kapurung, bayi berumur 4 bulan dilaporkan menjadi pasien positif Covid-19.
“Iya, sekarang sudah diisolasi di RSUD Andi Makkasau, dia dari Klaster Kapurung,” terang Halwatiah, Jubir tim gugus tugas percepatan Penanganan Covid-19 Kota Parepare, Rabu (6/5/2020).
Dia menjelaskan diduga bayi tersebut tertular dari ayahnya yang sebelumnya positif Covid-19.

“Saat makan kapurung bayinya tidak ikut, kemungkinan ditularkan dari ayahnya,” sebut PLt Kadis Kesehatan Kota Parepare tersebut.
Halwatiah menjelaskan, penyebaran Covid-19 di Kota Parepare terus meningkat sejak beberapa hari terakhir.

“Sudah 16 warga yang positif Covid-19, dari Klaster Lambelu sudah berakhir kini kita menghadapi transmisi lokal dari Klaster Kapurung dan masih ada potensi penyebaran dari kasus lain di pasar Lakessi,” ungkapnya.

Perawat RSUD Lagaligo Positif

Terpisah, RSUD I Lagaligo melakukan Rapid Test terhadap seluruh pegawainya termasuk bidan dan perawat yang bertugas.
Dari hasil Rapid, dua bidan dan tiga perawat dinyatakan reaktif Covid-19 (positif).

Hal itu dibenarkan juru bicara (Jubir) Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan (TGTPP) Covid-19 Kabupaten Luwu Timur (Masdin).
“Hasil Rapid Test yang dilakukan RSUD I Lagaligo terdapat dua orang bidan dan tiga perawat yang reaktif,” ujar Jubir TGTPP (Masdin), Kamis (7/5/2020).

Masdin juga menjelaskan bahwa bidan dan perawat yang hasil rapid testnya reaktif saat ini menjalani karantina di RSUD I Lagaligo selanjutnya menunggu swab test.

“Semua yang reaktif sudah di karantina di Rumah Sakit sambil menunggu hasil tes swabnya” Jelasnya.

Tak hanya RSUD I Lagaligo, Puskesmas Wotu juga telah melaksanakan Rapid Test yang hasilnya empat orang reaktif. Kabarnya, hari ini Puskesmas Burau juga melaksanakan Rapid Test terhadap pegawainya. (idr)



Click to comment

Most Popular

To Top
.