Luwu

Basmin Salat Ied Bersama Keluarga di Rujab

*SBj di Rumah Pribadi, Batusitanduk

BELOPA –– Jika tidak ada aral melintang, Minggu (24/5) umat muslim/muslimah akan merayakan hari kemenangan Idul Fitri 1441 H yang ditandai dengan pelaksanaan salat Ied. Hanya saja untuk tahun ini, akibat pandemi Covid-19, MUI mengeluarkan fatwa meniadakan salat ied berjamaah di masjid dan tanah lapang, sehingga harus dilakukan di rumah saja bersama keluarga.

Bupati Luwu, Drs H Basmin Mattayang, M.Pd, kepada Harian Palopo Pos, Rabu 20 Mei 2020 lalu mengungkapkan, sesuai Surat Edaran yang diterbitkan sebagai Bupati Luwu, dirinya juga akan melaksanakan salat ied tidak di lapangan Opu Daeng Risadju Belopa, melainkan akan menunaikan salat bersama keluarga inti di rumah jabatannya di Pammanu.

“Saya akan shalat di Rujab ini saja bersama keluarga inti. Insya Allah akan ada khatib dari internal keluarga kami, ” Ungkap Basmin Mattayang seraya mengatakan, disamping bersama keluarga inti, dirinya akan berlebaran dengan sejumlah staf yang ada di Rujab Pammanu

Sementara itu, kerabat terdekat Wakil Bupati Luwu, Syukur Bijak (SBj), Irwan Saputra Pajerih, mengatakan, untuk tahun ini karena berlebaran dilaksanakan di rumah saja, keluarga besar Wakil Bupati Luwu Syukur Bijak akan melaksanakan salat ied di rumahnya, Batusitanduk, Kecamatan Walenrang.

“Saya saat ini bersama putra Bapak SBj, yaitu Anggota DPR RI Mhammad Dhevy Bijak Pawindu, melakukan pembagian bantuan sembako di Bajo Barat. Insha Allah Wakil Bupati Luwu Bapak SBj bersama ibu dan putra putrinya akan shalat dibukit. Beliau memohon maaf kepada masyarakat karena tidak menggelar open house karena kondisinya yang tidak memungkinkan akibat dampak corona.

Sekaitan dengan shalat ied yang harus dilaksanakan dirumah saja, Pemerintah Kabupaten Luwu. Bupati Luwu H Basmin Mattayang, Senin (18/5) menerbitkan surat edaran Nomor 400/117/KESRA/V/2020 yang ditujukan kepada para Camat, para KUA, Lurah, kepala desa, Ketua Persamil Kabupaten Luwu dan Ketua Persamil kecamatan,

Basmin Mattayang mengatakan, merujuk SE Menteri Agama RI Nomor 06 tahun 2020, tanggal 6 April 2020 tentang panduan ibadah Ramadhan dan Idul Fitri 1 syawal 1441 H ditengah Pandemi wabah covid-19, maka pertama, Bupati menyatakan takbiran dilaksanakan dirumah atau di masjid masing-masing maksimal 5 orang dengan tetap memperhatikan SOP pencegahan penyebaran Covid-19. (and/him)



Click to comment

Most Popular

To Top
.