Luwu Utara

Hari Ini, ASN Tetap Masuk Kerja

MASAMBA — Pemerintah Pusat melalui Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menerbitkan Surat Edaran (SE) Nomor 440/3220/SJ tentang Perubahan Cuti Bersama Tahun 2020 di Lingkungan Kementerian Dalam Negeri.

Bunyi SE ini adalah berdasarkan hasil Rapat Terbatas tentang Cuti Bersama Tahun 2020 yang dipimpin Presiden RI tanggal 20 Mei 2020, maka disampaikan bahwa Cuti Bersama 2020 yang semula pada 22 Mei 2020 diubah menjadi hari kerja.

Kalimat “diubah menjadi hari kerja” yang ditebalkan menjadi penegasan bahwa 22 Mei 2020 bukan lagi hari cuti bersama melainkan hari kerja bagi ASN. Nah, SE ini pun menjadi viral di kalangan ASN di Indonesia, termasuk Luwu Utara.

SE ini memunculkan tanya sebagian besar ASN Lutra. Beberapa tanggapan muncul bahwa SE ini hanya berlaku bagi ASN di Lingkup Kemendagri saja, bukan untuk ASN di daerah provinsi/kabupaten/kota. Apa tanggapan Pemda Lutra terkait SE ini?

Kepala Bagian Organisasi Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Luwu Utara, Muhammad Hadi, menjelaskan bahwa substansi SE ini berlaku juga di daerah. Meski awalnya dia juga menyangka bahwa SE tersebut sifatnya hanya internal di Kementerian Dalam Negeri saja.

“Sesuai informasi dari Direktur Fasilitasi Kelembagaan dan Kepegawaian Perangkat Daerah (FKKPD) Kemendagri via whatsApp, bahwa 22 Mei 2020 adalah hari kerja dan tidak cuti bersama,” kata Hadi saat dihubungi Kamis, 21 Mei 2020.(jun/rhm)



Click to comment

Most Popular

To Top
.