Metro

Grebek Dhuafa, Dapur Umum PPU Salurkan 50 Paket Makanan

PALOPO— Dapur Umum Palopo Peduli Umat (PPU) melakukan grebek duafa, Jumat, 23 Mei 2020 malam. Ada 50 paket makanan yang dibagikan kepada warga kurang mampu pada sejumlah lokasi di Kota Palopo. Paket yang didistribusikan terdiri masing-masing 50 rak telur, zak beras, gula, sirup, minyak, dan makanan.

Untuk diketahui, sejumlah komunitas tergabung dalam Dapur Umum PPU yakni Pesantren Bisnis Indonesia (PBI), Wahdah Tanggap Corona (WTC), Tangan Di Atas (TDA) Community Luwu Raya, Buka Mata Nurani (BMN). SiJum (Nasi Jumat), dan Pola Pertolongan Allah (PPA).

Menurut Ketua Pesantren Bisnis Indonesia (PBI) Luwu Raya, Andri Ramli, pada kegiatan grebek duafa, paket makanan diberikan kepada warga yang telah didata oleh tim dapur umum. Seperti di Jl. To Ciung, pinggir sungai Jembatan Putih, Benteng, Rampoang/Kalang-kalang, Telluwanua, Dea Permai, dan Jl. Sungai Rongkong.

Berikut testimoni Dapur Umum PPU terkait kegiatan ini;

Terimakasih yaa Alloh…
Kami dapat pelajaran berharga…
Terasa kesulitan dan kesempitan hidup kami lepas dan tiada…
Seakan akan kami merasa jadi orang beruntung bisa mendatangi Alloh dengan menolong Duafa..

Sepanjang jalan pulang kami bisa merasakan arti bersyukur dan bertekad terus mengisi sisa umur dengan kebajikan menolong kaum duafa…

Mendatangi duafa… Harapan kami Adalah …kami mendapat keridhoan Nya…

Alloh rindu kita datang menjumpainya…

Dalam sebuah hadis Qudsi, Allah SWT berfirman,

“Wahai anak Adam! Aku sakit mengapa engkau tidak menjenguk-Ku, ia berkata: Wahai Tuhanku, bagaimana mungkin aku menjenguk-Mu sedangkan Engkau adalah Tuhan semesta alam. Allah berfirman: Engkau tahu bahwa seorang hamba-Ku sakit di dunia, akan tetapi engkau tidak menjenguknya, seandainya engkau menjenguknya sungguh engkau akan dapati Aku di sisinya.”

“Wahai anak Adam, Aku meminta makan kepadamu, mengapa engkau tidak memberi-Ku? Orang itu berkata: Wahai Tuhanku, bagaimana mungkin aku memberi-Mu makan sedangkan engkau adalah Tuhan semesta alam? Allah berfirman: Engkau mengetahui ada dari hamba-Ku yang kelaparan dan engkau tidak memberinya makan, sekiranya engkau memberinya makan, niscaya engkau dapati Aku di sisinya.

Wahai anak Adam Aku meminta minum padamu sedang engkau enggan memberi-Ku minum. Ia berkata: Wahai Tuhanku, bagaimana aku memberi-Mu minum sedangkan Engkau adalah Tuhan semesta alam? Allah menjawab: Seseorang meminta minum padamu dan engkau tak memberinya, sekiranya engkau memberinya minum niscaya engkau dapati Aku di sisinya.” (HR Muslim).

”Terima kasih buat guru-guru sahabatku yang menolong dan mensupport program “grebek duafa” ini. Khusus buat para Donatur Dapur Umum Palopo, Semoga Alloh menerima amalan ramadhannya… Aamiin,” ucap Andri kepada Palopo Pos.

Untuk diketahui, aksi peduli lintas komunitas Dapur Umum PPU ini mulai bagi-bagi nasi kotak dan takjil jelang buka puasa sejak 1 ramadan. Rata-rata 300 nasi kotak dan 150 takjil dibagikan setiap hari. Pada Jumat, 15 Mei 2020 lalu, dilakukan aksi skal besar dengan membagikan 1.100 nasi kotak pada sejumlah lokasi di Palopo.

Pada 13 Mei lalu, komunitas yang beranggotakan pengusaha muda ini, telah mendistribusikan 4.815 nasi kotak dan takjil. ”Target hingga akhir ramadan, bisa menyentuh angka 9.000 box,” kata Andri yang juga Owner Depot Telur Anggrek.

Kegiatan dapur ini ini dibuat sebagai jawaban bahwa masih ada orang yang peduli terhadap sesama pada masa sulit seperti pandemi covid 19 ini. (ikh)



Click to comment

Most Popular

To Top
.