Luwu Utara

68 Nakes Malbar Tes Swab Hidung dan Tenggerokan

Pengepakan Swab hidung dan tenggorokan

MASAMBA— Tim Gerak Cepat (TGC) Gugus Tugas Penanganan Covid-19 kab Luwu utara melakukan pengambilan swab hidung dan tenggorokan terhadap petugas Kesehatan (Nakes) di Puskemas Malangke Barat. Pengambilan swab terhadap Nakes Malbar dilakukan bertujuan untuk memastikan tenaga kesehatan (nakes) tidak terpapar Virus Corona ( covid 19).

Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Kab Luwu Utara, Komang Krisna SKM mengatakan pemeriksaan Nakes Malbar dilakukan karena Berdasarkan Rapid test terdapat salah satu tenaga nakes reaktif saat pemeriksaan. ” Maka dari itu tim gerak cepat merespon secara cepat tenaga nakes untuk dilakukan pemeriksaan swab hidung dan tenggorokan untuk pemeriksaan Uji RT-PCR di BBLK Makassar,” Jelas Komang.

Jumlah spesimen swab yang diambil lanjut Komang yakni 67 orang seumuanya tenaga di Puskemas malangke barat terdiri dari dokter, bidan, perawat dan kesehatan lain dimana mereka merupakan berada di garda terdepan pada pandemi covid 19. ” Selanjutnya swab hidung dan tenggorokan akan dibawa langsung pada hari ini tgl 6 Juni 2020. Selanjutnya 2-3 hr kita telah mendapatkan hasil laboratorium dari BBLK Makassar, ” Terangnya.

Menurutnya intensitas yang tinggi pada aktifitas masyarakat memang akan meningkatkan kasus Covid-19 terkonfirmasi. Makanya upaya pemutusan mata rantai penularan, inilah alternative yang paling efektif dan efisien.”Dengan penemuan kasus yang besar kemudian di isolasi terpusat, itu berdampak nyata dalam pemutusan mata rantai penularan di daerah,” Terangnya.

Upaya preventif dan promotif juga menjadi bagian yang sangat penting sebagai bentuk kesiapan dalam menghadapi new normal. “Bentuk kegiatan yang dapat dilakukan dengan harapan masyarakat dapat beraktivitas dengan mengikuti protokol kesehatan antara lain edukasi, sosialisasi, simulasi sesuai sektor atau bidang yang dibuka dan kedisiplinan masyarakat dan kesadaran kolektif.”Pungkaanya.(mah)



Click to comment

Most Popular

To Top
.