FEMALE

Berikan Pelayanan Prima

Tien Suharti S.Pd, M.Si
Kacabdis Wilayah XI Disdik Sulsel

Kewenangan pendidikan menengah aatas kabupaten/kota kini ditangani Dinas Pendidikan provinsi sejak tahun 2017. Untuk membantu mengatur hingga ke daerah, dibentuklah cabang dinas.

Seperti Cabang Dinas Wilayah IX Sulsel yang beralamat di Jl Veteran Kota Palopo membawahi tiga wilayah, yakni Kota Palopo, Kabupaten Luwu serta Toraja Utara. Cabang Dinas ini sudah beberapa kali berganti pimpinan. Dan saat ini dijabat Tien Suharti, S.Pd, M.Si selama satu tahun terakhir.

Ditemui Palopo Pos, Kamis 18 Juni 2020, di Kepala Cabag Dinas (Kacabdis) Wilayah IX Disdik Sulsel, Tien Suharti, S.Pd, M.Si menjadi orang nomor satu di Dinas Pendidikan Sulsel di Luwu Raya tentu banyak suka dan duka yang dialami. Salah satunya jauh dari keluarga, tapi itu resiko pekerjaan.

“Tapi kalau kita bekerja dengan ikhlas, Insya Allah, Allah yang menuntun kita untuk kebaikan lembaga,” sebut wanita kelahiran Makassar 16 April 1972 ini yang ditemui di kantornya, Kamis malam 18 Juni 2020.

Saking ikhlasnya, terkadang dirinya memberikan pelayanan administrasi bagi para guru, kepsek, dan lainnya hingga malam hari.
“Jadi saya utamakan pelayanan prima. Kebetulan kantor satu lokasi dengan tempat tinggal, jadi saya dan beberapa staf menginap disini, kalau ada sekolah yang datang malam hari, kami juga layani,” ungkap ponakan Kadisdukcapil Palopo, Asir Mangopo ini.

Dikatakannya, sebenarnya yang menjadi kekurangan Cabang Dinas Pendidikan Wilayah IX, untuk kantornya saja masih kontrak. Tapi mudah-mudahan tahun ini, sudah dapat kantor yang permanen.

Ditanya tentang kondisi pendidikan di wilayah tugasnya, salah satu yang menjadi perhatiannya saat ini yakni melakukan pemerataan tenaga ASN di sekolah-sekolah. Bayangkan saja, ada sekolah tenaga ASN-nya itu cuma satu orang saja, kepala sekolahnya tok.

Sementara ada sekolah, siswanya sedikit namun guru ASN-nya malah melebihi. Nah ini juga masalah, sehingga guru-guru di sekolah tersebut kekurangan jam mengajar sehingga berdampak pada sertifikasi mereka.

Diungkapkan Tien, alumni perencanaan pengembangan wilayah dekosentrasi perencanaan pendidikan Universitas Hasanuddin ini, selama mengabdi di Cabang Dinas Wilayah XI Disdik Sulsel, dirinya berharap dapat membantu kemajuan pendidikan baik di Luwu Raya maupun Toraja Utara.

“mudah-mudahan program-program kita dapat membantu sekolah-sekolah dalam melahirkan generasi berkualitas,” ujarnya. (ich/idr)

Biodata

Nama

TTL

Pendidikan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Pekerjaan

Suami

Anak

: Tien Suharti, S.Pd, M.Si

: Ujung Pandang, 16 April 1972

: – SDN 1 Enrekang (1985)

– MTsN Ujung Pandang (1988)

– PGA Gunung Sari (1991)

– D2 Tadris Inggris UMI (1993)

– D2 PAI IAIN Alauddin Makassar (1993)

– S1 PLS STIKIP Muhammadiyah Enrekang (1995)

– Akta IV UNM (1996)

– S2 Perencanaan Pengembangan Wilayah Dekosentrasi Perencanaan                        Pendidikan Unhas (1998)

 

: Kacabdis Wilayah XI Disdik Sulsel (Palopo, Luwu, Torut)

: Bripka Zaenal, SH (Anggota Polri)

: Gita Sa’irah Nassa (mahasiswi)

 



Click to comment

Most Popular

To Top
.