FEMALE

Buktikan Diri Bisa!

Iptu Desy Ayu Dwi Putri, S.IK MH
Kasat Lantas Polres Lutim

Setiap 1 Juli diperingati sebagai HUT Bhayangkara. Tahun ini diperingati yang ke-74 di tengah pandemi Covid-19 dengan tetap menerapkan protokol kesehatan

Tak seperti tahun sebelumnya HUT Bhayangkara dibuat lebih meriah, tetapi kali ini kemeriahannya lebih banyak bersentuhan langsung dengan masyarakat melalui pelbagai kegiatan sosial.

Seperti yang dilakukan sosok female hari ini, seorang Polisi Wanita (polwan) yang tangguh dan profesional dalam menjalankan tugas melayani, melindungi, dan mengayomi masyarakat. Adalah Kasat Lantas Polres Luwu Timur, Iptu Desy Ayu Dwi Putri S.IK MH.

Kepada Palopo Pos yang dihubungi melalui aplikasi WhatsApp, Rabu malam 24 Juni 2020, perwira polisi dua balok ini menceritakan tentang HUT Bhayangkara yang diperingati setiap 1 Juli.

Yakni, merupakan hari dimana ditetapkannya Kepolisian Republik Indonesia di bawah Kepala Negara. Dimana kepolisian itu sendiri sudah terbentuk sebelum masa Kemerdekaan RI yang bertujuan memberikan pelayanan dan perlindungan bagi masyarakat. Sesuai dengan filosofi kepolisian yang akan selalu memberikan pelayanan, perlindungan, serta mampu menyelesaikan persoalan di masyarakat.

“Hari Bhayangkara ke-74 ini tetap diisi dengan kegiatan-kegiatan yang kami abdikan kepada masyarakat, meskipun menjadi berbeda dibandingkan tahun sebelumnya karena diperingati di tengah Indonesia dilanda pandemi Covid-19,” ujar alumni PTIK Akpol 2014 ini.

Meskipun euforia dan suasananya berbeda, namun sesuai dengan filosofi kepolisian yang akan selalu berusaha memberikan pelayanan, perlindungan, serta mampu menyelesaikan persoalan di masyarakat, peringatan kali ini tetap diisi dengan kegiatan pengabdian kepada masyarakat. Sebagai upaya mendukung pemerintah memutus penyebaran Covid-19.

Kegiatan yang dimaksud, seperti kerja bakti membersihkan rumah ibadah, pembagian sembako kepada warga terdampak Covid-19, membagikan masker dan hand sanitizer, membagikan APD kepada tenaga medis. Lalu, aksi sosial donor darah, dan pembuatan SIM khusus bagi warga yang lahir 1 Juli.

Diketahui Iptu Desy merupakan polwan pertama yang menjabat Kasat Lantas di Luwu Raya. Baginya, ini adalah tantangan sekaligus pembuktian tentang proporsi pekerja wanita dalam kesetaraan gender, khususnya pada jabatan struktural. Jabatan ini pula, kata Iptu Desy sebagai memacu untuk membuktikan jika dirinya mampu menyelesaikan tugas dan tanggung jawab yang sebelumnya diemban oleh polisi laki-laki.

“Menjadi Kasat Lantas pertama dari polwan ini hal istimewa bagi saya pribadi. Amanah ini, saya sikapi dengan rasa syukur, akan saya lakukan dengan sebaik-baiknya, serta tidak pernah berhenti untuk belajar dan menjalin komunikasi dengan senior-senior polwan yang menjabat Kasat Lantas di beberapa Polres di Sulsel,” ungkapnya.

Lalu apa program kerja ke depannya? Dijelaskan Iptu Desy, Luwu Timur merupakan titik pertemuan warga dari dua provinsi, yakni Sulteng, dan Sultra. Sekitar 11,14% luas Sulsel ada di Lutim. Dengan kondisi geografis yang luas dan pergerakan manusia dan barang ramai, membuat kami (Sat Lantas Polres Lutim,red) fokus mengedukasi masyarakat untuk meningkatkan kesadaran, kepatuhan, dan disiplin dalam berlalu lintas.
Terkait dengan akan adanya tahapan pilkada ini, tentunya kami dituntut selalu siap sedia mengawal rangkaian menuju hari pemilihan 9 Desember mendatang.

Meskipun jauh dengan keluarga besar di Jakarta, dari keluarga sangat mendukung dalam pencapaian karir. “Mereka (keluarga,red) menjadi support system saya untuk terus melakukan sesuatu dengan baik dan profesional. Dan tanpa pernah melakukan intervensi, dengan kata lain memahami batasan profesional itu,” ungkapnya.

Diakhir penutupan wawancara, Kasat Lantas Iptu Desy Ayu mengimbau kepada seluruh pengguna jalan disiplin, kenali, pahami, serta patuhi rambu-rambu, dan norma lalu lintas di jalan raya. “Jangan lupa untuk selalu memperhatikan kelengkapan dokumen kendaraan, karena keselamatan diri Anda berada di tangan Anda,” pungkasnya. (idr)

Data Diri

Nama

TTL

Jabatan

Pendidikan

 

 

Jenjang Karir

 

 

 

 

: Iptu Desy Ayu Dwi Putri S.IK MH

: Jakarta, 20 Desember 1991

: Kasat Lantas Polres Lutim

: Fak. Hukum UMI Makassar (2019)

Sarjana Ilmu Kepolisian PTIK Akpol (2014)

SMAN 11 Jakarta Timur

: Kasat Lantas Polres Luwu Timur (2020)

Kanit Regident Polres Palopo (2018-2020)

Kanit Regident Polres Pangkep 2018

KBO Lantas Polres Parepare (2016-2018)

Kanit PPA Pelabuhan Makassar (2014-2016)



Click to comment

Most Popular

To Top
.