Luwu

Bappeda Persiapkan APBD Perubahan 2020

*Serta APBD 2021

BELOPA –– Pihak eksekutif Kabupaten Luwu saat ini mengakui sedang melakukan proses harmonisasi kebijakan umum APBD-Perubahan 2020. Rencananya baru awal Juli akan diagendakan penyerahan kebijakan umum (KU) APBD-Perubahan 2020, serta alokasi anggaran 2021 yang akan didorong bersamaan.

Kepala Bappeda dan Litbang Kabupaten Luwu, Drs Muhammad Rudi, M.Si, kepada harian ini Minggu, 28 Juni membenarkan hingga saat ini pihak eksekutif belum mendorong KU-APBD Perubahan 2020 Kabupaten Luwu.

“Saat ini kita masih terus melakukan harmonisasi. Tetapi kami akan bersurat ke DPRD Luwu untuk meminta diagendakan sidang paripurna penyerahan KU-APBD-Perubahan 2020.

Bahkan bisa jadi lebih dahulu akan didorong APBD Pokok 2021, atau bersamaan kita serahkan. Semua opsi sementara kami kaji, Insya Allah Awal Juli suratnya kami serahkan besok agar bisa di dorong KU-nya, ” kata Rudi.

Ia enjelaskan didorongnya APBD Perubahan ini sebab terdapat perubahan komposisi anggaran baik pada item pendapatan maupun item belanja daerah. Dirinya menjelaskan saat ini terdapat item pendapatan daerah dan belanja yang berubah akibat pandemi covid19.

“Termasuk program SKPD ada yang kita aur ulang, karena adanya refokusing anggaran. Makanya kita dorong APBD Perubahan karena ada program yang kita atur ulang, misalnya akan dilaksanakan tahun depan,” tandasnya.

Selain itu, Bappeda telah mengelar Sosialisasi Penginputan Aplikasi Krisna DAK Tahun Anggaran 2021 bertempat di ruang rapat Kepala Bappeda dan Litbang Luwu yang dihadiri oleh 11 Perangkat Daerah untuk menindaklanjuti Surat Bupati Luwu tentang permintaan Usulan dan Kelengkapan DAK Fisik Tahun Anggaran 2021.

“Sosialisasi ini bertujuan untuk mengenalkan metode penginputan di aplikasi Krisna DAK Tahun Anggaran 2021 yang mana dalam penginputan DAK 2021 terdapat beberapa menu dalam aplikasi yang berubah dibandingkan dengan menu penginputan DAK 2020 sebelumnya,” ujar Rudi.

Pada sosialisasi ini, diharapkan agar OPD yang memiliki usulan DAK Tahun Anggaran 2021 dapat memahami metode penginputan menu DAK dalam Aplikasi Krisna sehingga kegiatan-kegiatan yang diusulkan dapat diterima tepat waktu sesuai dengan time line yang telah ditetapkan bersama. (fan/him)



Click to comment

Most Popular

To Top
.