Luwu

Bersepeda, Basmin Susuri Jalan Desa

*Serap Aspirasi Masyarakat dan Minta Lestarikan Mangrove

BELOPA –– Untuk menjaga daya tahan tubuh ditengah pandemi virus corona yang belum usai, Bupati Luwu H Basmin Mattayang Sabtu pagi (27/6) lalu melakukan olahraga bersepeda. Menggunakan sepeda Polygon, orang nomor satu di Kabupaten Luwu ini menyusuri beberapa jalan desa sambil menyapa warga.

Basmin bersepeda dari rumah jabatannya di Pammanu kecamatan Belopa Utara, menelusuri jalan perdesaan yang berada di wilayah selatan Kabupaten Luwu seperti desa Malela, Padang Lambe, Cakkeawo, Kasiwiang dan berakhir di lokasi objek wisata pantai cinta Desa Towondu, Kecamatan Suli.

Basmin mengatakan, kegiatan bersepeda ini akan menjadi rutinitas Pemkab Luwu yang bertujuan untuk menjalin silaturrahim dan lebih mendekatkan para pejabat dengan masyarakat.

“Ada 4 tujuan aktivitas bersepeda keliling ini yang kita laksanakan saat ini. Pertama adalah untuk menjalin silaturrahmi. Kedua, menyerap aspirasi masyarakat dengan menemui tokoh masyarakat, tokoh agama, kepala desa dan aparatnya.

Ketiga, melihat kondisi desa dan keadaan masyarakatnya. Keempat, dengan olahraga bersepeda kita bisa meningkatkan daya tahan tubuh. Dan ditengah pandemi covid-19 ini kita memang harus rajin berolahraga “, kata Basmin.

Saat bersepeda menuysuri jalan desa, Bupati Luwu dua periode ini, disamping bercengkrama dengan masyarakat, juga menyempatkan menyerap aspirasi warga. Beberapa harapan warga yang sempat diserap suami dari Dr Hj Hayarna Basin SH, M.Si ini diantaranya, permintaan warga agar dibuatkan bronjong di sekitaran jembatan poros desa Cakkeawo – Padang Lambe, Pengaspalan ruas jalan Desa Malela – Padang-padang sepanjang 1 Km, Pengerasan Jalan sepanjang 1 Km di Desa Padang Lambe, rencana pengembangan lahan untuk produksi jahe merah di Desa Cakkeawo dan bantuan bedah rumah.

“Kepala Bappelitbangda, Plt Kadis Perkim dan Kabid Jalan dinas PU sudah mencatat beberapa masukan dari tokoh masyarakat dan kepala desa, insya Allah jika masih ada dana pada anggaran perubahan akan kita kerjakan pada tahun 2020 ini, namun jika tidak mencukupi maka akan dimasukkan pada anggaran pokok tahun 2021 mendatang,” ucap Basmin.

Sementara itu, saat berada di Pantai Cinta Desa Towondu, Basmin meminta kepala desa dan masyarakat untuk mengembangkan potensi objek wisata bahari pantai Towondu sebagai salah satu objek wisata, dengan tetap mempertahankan kelestarian hutan mangrove yang ada disekeliling pantai. Saat melintas bersepeda, Basmin juga memperlihatkan kepekaan sosial membantu salah seorang warga untuk memindahkan batu bata.

Turut mendampingi Basmin Mattayang, Kadis Kominfo, Anwar Usman, Kasatpol PP, Andi Iskandar, Kepala Bappelitbangda, Muh Rudi, Kepala Badan Kesbangpol, H Alim Bachry, Kadis Nakertrans, Saiful Abdul Latief, Plt Kadis Perhubungan, Supriadi, Plt Kadis Perkim, H Sofyan Thamrin, Kabag OPS Polres Luwu, Kompol Samurai Anata, Kapolsek Suli Polres Luwu, Iptu Ralim, Kabid Jalan dan Jembatan dinas PUPR, Usdin Iskandar. (and/him)



Click to comment

Most Popular

To Top
.