Luwu Utara

BPBD dan Warga Bangun Tanggul Darurat

*Waspada Banjir Susulan

MASAMBA — Pasca banjir yang melanda Kota Masamba beberapa waktu lalu, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Luwu Utara bersama masyarakat di sekitarnya bersama-sama membangun tanggul darurat.

Pembangunan tanggul darurat dari karung yang berisikan pasir ini dipimpin langsung Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani bersama Kepala BPBD Luwu Utara, Muslim Muchtar, bersama Tim Reaksi Cepat (TRC), dan masyarakat setempat, Sabtu 27 Juni 2020.

Kepala BPBD Luwu Utara, Muslim Muchtar di sela-sela gotong royong tersebut mengatakan, guna mengantisipasi banjir susulan, jangka pendeknya dibuat tanggul bersama masyarakat Lingkungan Ponta’den Kelurahan Bone Tua, Kecamatan Masamba.

”Pembangunan tanggul ini adalah upaya preventif mencegah meluapnya dan meluasnya air ke pemukiman serta mengurangi dampak bencana jika kembali terjadi banjir susulan mengingat potensi curah hujan ke depan masih cukup tinggi,” jelas Muslim kemarin.

Sementara itu, Bupati Indah Putri Indriani mengatakan, pihaknya telah berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi Sulsel dalam upaya penangulangan banjir di Luwu Utara termasuk di Masamba.
”Selain itu juga kita akan melakukan normalisasi Sungai Masamba. Sungai meluap akibat terjadi pendangkalan,” jelas Indah.

Seperti diberitakan sebelumnya, Kota Masamba kembali dilanda banjir disebabkan intensitas hujan yang mengguyur bagian hulu sungai mengakibatkan Sungai Masamba meluap pada Jumat, 26 Juni 2020.

Pada banjir kali ini ketinggian air mencapai 1 meter yang mengharuskan sejumlah warga sebanyak 16 KK di Kelurahan Bone, Lingkungan Lontang yang tepatnya berada di bantaran sungai terpaksa mengungsi ke Gedung Pemuda.

Kadis PUPR Luwu Utara, Suaib Mansur terkait banjir yang kerap melanda ini mengatakan pihaknya untuk sementara masih dalam upaya evakuasi terhadap korban yang terkena dampak banjir. Sembari pihaknya menormalkan kembali sungai dengan melakukan pengerukan sedimen yang cukup besar akibat banjir bandang yang terjadi beberapa kali. (jun/rhm)



Click to comment

Most Popular

To Top
.