Luwu

Dorong 207 Desa Terapkan PHBS

* FKS Luwu Gelar Lomba Desa Sehat

BELOPA—Ketua Forum Kabupaten Sehat (FKS) Kabupaten Luwu sekaligus Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Luwu DR Hj Hayarna Basmin SH, M.Si dalam sambutan penyerahan hadiah Lomba Desa Sehat Tingkat Kabupaten Luwu Tahun 2020 diaula Bappeda Luwu di Belopa Senin (29/6) mendorong agar masyarakat di 207 desa se-Kabupaten Luwu menerapkan prilaku hidup bersih dan sehat.

“Bupati Luwu sangat menekankan di pandemi Covid-19 ini kita harus meneraplan prilaku hidup bersih dan sehat (PHBS). Untuk itulah kita tindaklanjuti dengan kegiatan lomba desa sehat secara berjenjang hingga ke tingkat Kabupaten Luwu. Pula kegiatan yang dilaksanakan FKS Luwu bersama TP-PKK Luwu ini menjadi target antara kita demi berupaya meraih penghargaan Swasti Saba Wistara dari pemerintah pusat, ” Ungkap Hayarna.

Dalam kesempatan tersebut mantan Ketua DPRD Luwu ini juga tidak henti-hentinya mengingatkan para istri kepala desa yang juga Ketua TP-PKK Desa, agar mendorong para kepala desa membantu mewujudkan 100 persen ODF.

” Mari kita bumikan ODF untuk seluruh warga Kabupaten Luwu. Wahai Ibu desa dan ibu camat, dukung ki FKS Luwu untuk wujudkan totalitas ODF bagi warga Luwu akhir tahun 2020. Open Defecation Free (ODF) adalah kondisi dimana seluruh masyarakat Luwu dalam komunitas tidak buang air besar sembarangan dan ini bagian dari upaya kita menerapkan PHBS di desa-desa, ” Kata Hayarna.

Wakil Ketua I FKS Kabupaten Luwu, Ny. Winda Sharif Putri Arsal, ST, mengatakan FKS Luwu dan TP-PKK Luwu mengatakan sejak 4 Juni hingga 22 Juni lalu melakukan proses penilaian lomba desa sehat, dan yang berhasil meraih juara I Umum lomba desa sehat tingkat kabupaten Luwu yaitu Desa Senga Selatan, disusul juara II Desa Bilante dan Juara lll Desa Lebani.

Dalam kesempatan tersebut disaksikan jajaran FKS Luwu, Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Luwu dr Rosnawary Basir, M.Tr Adm.Kes, Ketua FKS Luwu Hj Hayarna Basmin menyerahkan piala, piagam penghargaan dan uang pembinaan kepada Ketua PKK Desa Senga Selatan Ny Armila Putri Pawennari Arfan Basmin, demikian pula kepada Ibu Marjaenah (Ketua PKK Desa Bilante) dan Ny Rohana (Ketua PKK Desa Lebani). (and)



Click to comment

Most Popular

To Top
.