Luwu Utara

Satu Warga Baebunta Positif Covid-19

*Hasil Contact Tracing Kasus Positif di RS Bintang Laut

MASAMBA — Hasil contact tracing (penelusuran kontak) yang dilakukan Tim Gerak Cepat (TGC) Dinas Kesehatan Luwu Utara terhadap kasus positif covid-19 di Rumah Sakit (RS) Bintang Laut Palopo didapatkan satu orang terkonfirmasi positif covid-19. Hal ini berdasarkan hasil uji PCR di BBLK Makassar dari 8 spesimen swab yang terkirim.

“Kasus konfirmasi positif covid-19 di Lutra bertambah lagi satu orang, berinisial NS (41), jenis kelamin perempuan beralamat di Kecamatan Baebunta. Kasus ini didapat dari contact tracing, menindaklanjuti laporan dari RS Bintang Laut Palopo,” ungkap Jubir Penanganan Covid-19, Komang Krisna, di Masamba, Sabtu 27 Juni 2020.

Dari 8 spesimen swab yang dikirim, hanya satu terkonfirmasi positif. “Yang positif ini kontak erat saja,” jelasnya. Dengan adanya penambahan satu kasus positif, maka sampai saat ini, Sabtu 27 Juni 2020, kasus positif covid-19 di Luwu Utara menjadi 49 kasus, dengan 38 di antaranya sembuh, 10 masih dikarantina/dirawat, dan satu orang meninggal.

Komang menambahkan, kasus konfirmasi positif covid-19 di Luwu Utara masih berfluktuasi. Banyak yang sudah sembuh, tapi terjadi lagi satu-dua kasus positif. Meski interval waktu konfirmasi positif juga terkadang membutuhkan waktu yang lumayan panjang. Bahkan ada yang sampai dua atau tiga minggu baru muncul kasus konfirmasi positif.

“Mencermati naik turunnya kasus harian yang dilaporkan, memberi pesan kepada seluruh masyarakat untuk lebih patuh dan disiplin lagi dalam menegakkan protokol kesehatan ketika beraktivitas di luar rumah, sehingga masyarakat bisa lebih tangguh menghadapi pandemi covid-19. Kita tetap optimistis bisa keluar dari pandemi ini,” tegasnya.(jun/rhm)



Click to comment

Most Popular

To Top
.