Luwu Utara

TRC Rapid Test Massal di Pasar Salulemo

MASAMBA — Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Luwu Utara melalui Tim Gerak Cepat (TGC) Dinas Kesehatan kembali melakukan rapid test massal untuk mendeteksi dini penularan covid-19. Kali ini pasar yang disasar adalah pasar Salulemo Kecamatan Baebunta Kabupaten Luwu Utara, Jumat 26 Juni 2020.

Pada pemeriksaan cepat ini, TGC menjaring 79 orang untuk di-skrining. Hasilnya, empat orang reaktif dan 75 non reaktif. Yang reaktif langsung dilakukan pengambilan swab hidung dan tenggorokan untuk kemudian dikirim ke BBLK Makassar guna dilakukan uji RT-PCR. Total hingga 26 Juni 2020, telah dilakukan rapid test sebanyak 2.730 orang.

Pelaksanaan rapid test massal di pasar Salulemo ini dihadiri Kadis P2KUKM Muhammad Kasrum dan juga melibatkan lintas sektor dari unsur Forkompincam. “Sampai saat ini Tim Gerak Cepat masih aktif melakukan rapid test terhadap mahasiswa, pelajar, pelaku usaha dan sopir bahan makanan,” kata Jubir Penanganan Covid-19, I Komang Krisna.

Komang juga tak lupa memberi suntikan semangat kepada para pejuang di fasilitas kesehatan, entah itu petugas medis maupun pasien itu sendiri untuk tetap membangun optimisme di tengah pandemi. “Tetap semangat. Yakinlah, selalu ada harapan, karena di balik semua ini, ada janji kemenangan yang nyata dalam melawan virus ini,” ucap dia.

Menurutnya, harapan kemenangan itu sudah dekat. Untuk itu, Komang berharap agar masyarakat tetap melaksanakan protokol kesehatan, bukan hanya di rumah sakit, tapi juga di seluruh aspek keseharian yang melibatkan interaksi dengan yang lain. “Kita harus saling menjaga untuk tetap menjamin berlangsungnya peradaban ini,” pungkasnya. (jun/rhm)



Click to comment

Most Popular

To Top
.