Utama

Buat Keramaian Sudah Diizinkan

* Kapolri Resmi Cabut Maklumatnya, Tetap Patuhi Protokol Covid

PALOPO — Kapolri Jenderal Idham Azis mencabut Maklumat terkait larangan dan upaya pembubaran terhadap kerumunan terkait pencegahan penularan Covid-19.
Ketentuan itu sebelumnya tercantum dalam Maklumat Nomor: MAK/2/III/2020 tanggal 19 Maret 2020 tentang Kepatuhan Terhadap Kebijakan Pemerintah Dalam Penanganan Penyebaran Virus Corona (Covid-19).

“Polri mengeluarkan surat telegram no STR/364/VI/OPS.2./2020 tanggal 25 Juni 2020 tentang Perintah Kepada Jajaran Mengenai pencabutan Maklumat Kapolri dan Upaya Mendukung Kebijakan Adaptasi Baru/New Normal,” kata Kepala Divisi Humas Polri Inspektur Jenderal Argo Yuwono melalui keterangan resmi, Jumat (26/6).

Lebih lanjut, Argo menuturkan bahwa dalam telegram itu, setiap anggota kepolisian tetap diminta untuk melakukan pengawasan dan pendisiplinan kepada masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan.
“Seperti memakai masker, jaga jarak, mencuci tangan dan menerapkan pola hidup bersih dan sehat,” lanjut dia.

Meski demikian, selama pandemi ini, aparat kepolisian tetap diminta untuk menjalin kerja sama lintas sektoral dalam upaya pencegahan penyebaran Covid-19.
Menanggapi pencabutan maklumat Kapolri, Kapolres Palopo, AKBP Alfian Nurnas SH SIk MH menegaskan, kendati maklumat Kapolri telah dicabut, namun dirinya tetap mengimbau kepada masyarakat Kota Palopo, untuk mematuhi protokol kesehatan.
“Protokol kesehatan itu wajib diindahkan,” tegas perwira dua bunga, saat dihubungi via WA, Ahad, 28 Juni 2020.

Ditanya soal acara pernikahan, Kapolres kembali menegaskan, resepsi pernikahan sudah bisa dilakukan, tetapi harus dengan jumlah yang terbatas dengan kata lain jaga jarak, serta Standar Operasional Prosedur (SOP) yang dituangkan dalam Peraturan Wali Kota (Perwal) Palopo.

“Silahkan kumpul-kumpul tapi ingat jumlahnya dibatasi, kemudia jaga jarak, dan harus mengenakan masker,” terangnya.

Lebih lanjut, dikatakan Alfian, terkait dengan pencabutan maklumat itu, setiap anggota Polres Palopo, akan tetap melakukan pengawasan dan pendisiplinan kepada masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan.
“Ini sesuai perintah Bapak Kapolri,” pungkasnya.

Sebagai informasi, dalam Maklumat terdahulu, Kapolri memerintahkan jajarannya agar menindak tegas pihak yang masih membuat acara dan melibatkan banyak orang di tengah wabah Virus Corona (Covid-19). (ded/idr)



Click to comment

Most Popular

To Top
.