FEMALE

Tertantang Berkiprah di Rana Politik

Dra Hj Megawati MM
Anggota DPRD Palopo

Kiprah perempuan di kancah politik saat ini jangan dianggap remeh. Keberadaan perempuan di DPRD turut memberikan warna dan konstribusi besar bagi daerah.

Female edisi kali ini mengangkat salah satu politisi perempuan DPRD Kota Palopo dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) adalah Dra Hj Megawati MM.

Anggota DPRD Palopo dua periode ini kepada Palopo Pos yang ditemui di ruang Komisi I DPRD Palopo usai rapat lintas komisi membahas kelanjutan sembako berjamur dan berkutu menyebutkan alasannya masuk ke rana politik.

Ia menjelaskan jika sebelum terpilih sebagai anggota DPRD Palopo tahun 2014, lalu, ia merupakan dosen tetap di Universitas Cokroaminoto Palopo (UNCP) dari tahun 1998-2014.
Saat di kampus, karirnya juga terbilang cemerlang diangkat sebagai Ketua Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dari tahun 2009-2013, dan Wakil Dekan FKIP 2013-2014.

Saat di kampus itulah, ia juga mengajar mata kuliah pengantar Ilmu Politik. Dari sinilah, ia mengaku tertantang untuk merasakan berkiprah di dunia politik, sekalian untuk melihat apakah ada relevansi antara teori politik yang diajarkan di kampus dengan realita di lapangan.
Ia lalu memberanikan diri mendaftar di Partai PKS Kota Palopo untuk ikut di Pileg 2014.
“Alhamdulillah rezeki, akhirnya bisa terpilih sebagai Anggota DPRD Kota Palopo 2014-2019,” kata Hj Megawati, Jumat 3 Juli 2020, kemarin.

Lanjutnya, dari apa yang ia ajarkan di kampus dengan duduk di parlemen, akhirnya ia menyadari banyak yang tidak berkaitan. “Lebih banyak tidak ada kaitannya,” celutuknya sambil tersenyum.

Saat ini, ia duduk di Komisi I DPRD Palopo yang membidangi kesehatan dan pendidikan.
Dengan bekerja sebagai wakil rakyat, otomatis waktunya untuk keluarga juga lebih banyak mengurusi aspirasi rakyat, khususnya di Dapil I Kota Palopo (Wara, Mungkajang, dan Wara Barat).

“Saat akan mendaftar di partai, dari keluarga juga sudah mendukung. Suami dan anak, jadi mereka sudah paham akan kerja anggota dewan. Apalagi anak-anak juga sudah dewasa, bahkan ada yang sudah sarjana pendidikan di UNCP dan elektro UII Yogyakarta,” ujarnya.
Selain bekerja di DPRD Palopo, Hj Megawati juga masih tetap aktif mengajar di kampus, hanya saja bukan lagi sebagai dosen tetap, tetapi sebagai dosen luar biasa (DLB).

Ketika ditanyakan bagaimana membagi waktu mengajarnya dengan pekerjaan di DPRD? Ibu dari tiga anak ini menjelaskan, pada dasarnya semua bisa diatur. Biasanya ia mengajar ketika hari Sabtu. “Waktu mengajar juga sekarang di batasi karena statusnya sudah DLB hanya 6 SKS. Jadi lebih gampang mengatur waktunya dengan mahasiswa,” ungkapnya.

Di periode keduanya duduk sebagai anggota DPRD Palopo, Hj Megawati mengaku tengah memperjuangkan aspirasi masyarakat, khususnya di Dapil I yang belum tuntas di periode pertama lalu.(idr)

Data Diri
Nama : Dra Hj Megawati MM
TTL : Parepare, 21 September 1968
Suami : (Alm) Darmidi



Click to comment

Most Popular

To Top
.