Toraja

Terkonfirmasi Positif Covid-19, 1 Warga Rantepao Meninggal Dunia

*Dinas Kesehatan Masih Tracking Kontak Pasien

RANTEPAO– Warga Toraja Utara yang terkonfirmasi positif Covid-19 meninggal dunia. Itu setelah sebelumnya di rujuk ke RSUD Lakipadada Tana Toraja untuk menjalani tes.

Pasien 07 yang dinyatakan meninggal dunia ini yang pertama kalinya di Toraja Utara terkonfirmasi positif Covid-19, bernama Edy Papayungan (61) merupakan warga Malangngo’ Rantepao.

Di Tana Toraja ia dinyatakan positif Covid-19 berdasarkan hasil swab test menggunakan Tes Cepat Molekuler (TCM) di RSUD Lakipadada Makale. Kepala Dinas Kesehatan Toraja Utara, Elizabeth R Zakaria, kepada Palopo pos, Jumat,9 Juli 2020 mengungkapkan pasien tersebut meninggal tadi pagi, Kamis 9 Juli 2020 setelah dirujuk ke Rumah Sakit Wahidin Makassar. Terkait hal itu pihaknya akan melakukan tracking kepada semua yang pernah kontak dengan pasien 07 tersebut.

Hanya saja Dinas Kesehatan Torut belum bisa menentukan pasien 07 ini terpapar dimana. Selain diketahui pernah berkontak dengan Almarhum Kepala Bandara Pongtiku di sejumlah acara, hHasil tracking Pasien 07 Covid 19 ini sering bepergian kemana -mana sehingga petugas kesulitan melacak. “Sejauh ini kita tidak tahu apakah kenanya di Toraja atau di luar Toraja sehingga kami juga belum bisa menentukan sebenarnya beliau ini kontaknya dimana, tapi yang jelas semua yang bersama-sama ini sudah di tracking semua,”Imbuhnya

Ditambahkan Kadis Kesehatan seperti misalnya Restauran Monica yang sudah rapid tes, disitu ditemukan 1 orang reaktif.

“Ini hari kami juga sudah lakukan penyemprotan disinfektan di wisma Imanuel tempat tinggal almarhum, Wisma Monica, Restauran Monica, dan Restauran kalua’ milik almarhum dan juga terhadap semua karyawan yang bersentuhan di beberapa tempat itu kami sudah lakukan Rapid tes di Puskesmas,”Terangnya.

Diketahui Pasien 07 selama perawatan di bagian Infection Center lantai dua Rumah Sakit Wahidin Makassar. Pasien juga sempat dirawat di RS Umum Elim Rantepao sebelum dirujuk ke Makassar.
Untuk petugas medis di RS Elim Rantepo kita akan tracking siapa-siapa yang kontak langsung kita akan Rapid tes semua. Hari ini juga kita akan kesana, tetapi sebelumnya kami minta izin ke Pak Bupati,”tambahnya. (alb/ald)



Click to comment

Most Popular

To Top
.