Kriminal

Besok, Operasi Patuh 2020 Digelar Serentak

BELOPA — Jajaran Polres Luwu melalui Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Luwu akan menggelar Operasi Patuh serentak, Rabu 23 Juli 2020 besok, tinggal menunggu surat edaran dari Polda Sulsel, selanjutnya operasi digelar hingga 5 Agustus 2020 mendatang.

Kasat Lantas Polres Luwu, AKP Muhammadi Muhtari SH SIK mengungkapkan sebelum operasi ini dilaksanakan pihaknya terlebih dulu melakukan sosialisasi kepada masyarakat. “Sosialisasi sementara ini berjalan, ada beberapa tempat yang sudah kami lakukan sosialisasi. Kami tinggal menunggu perintah dari Polda kapan akan mulai. Namun kemungkinan akan dimulai tanggal 23 Juli,” terangnya, Selasa 21 Juli kemarin.

Dikatakan Kasat Lantas, metode penindakan yang dilakukan pada operasi patuh yakni preemtif, prefentif , dan represif. Dijelaskannya, preemtif itu adalah dalam bentuk sosialisasi kepada masyarakat terkait keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran berlalu lintas
(kamseltibcarlantas). Kemudian prefentif lebih pada tahapan peringatan dini seperti pemasangan spanduk himbauan hati-hati. Lalu, represif dilakukan terhadap pengendara yang pelanggarannya rawan menimbulkan kecelakaan.

“Pada pelaksanaan operasi patuh kali ini, kita prioritaskan metode prefentif. Dengan mengimbau pengendara menerapkan protokol kesehatan dalam mencegah penyebaran covid-19. Salah satunya penggunaan masker dalam berkendara,” ujarnya.

Lanjutnya, pelaksanaan operasi ini diharapkan dapat meningkatnya disiplin masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan untuk pencegahan penyebaran covid-19. Selain itu, meminimalisasi pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas, serta menurunnya tingkat fatalitas korban kecelakaan lalu lintas. Kemudian meningkatnya kepercayaan masyarakat terhadap Polri dengan terbentuknya opini positif dan citra tertib dalam berlalu lintas.

Dalam ops patuh juga tetap menerapkan prioritas penindakan pelanggaran yang akan ditindak diantaranya tidak menggukan sefety bel, melawan arus, berkendara dibawah pengaruh alkohol, pengendara dibawah umur, melebihi batas kecepatan, menggunakan handphone, tidak menggunakan helm SNI. (udy/him)



Click to comment

Most Popular

To Top
.