Metro

Hewan Kurban Wajib Berlabel Sehat

*Penyembelihan Sesuai Protokol Kesehatan

PATTENE — Pemerintah Kota Palopo melalui Dinas Pertanian Peternakan dan Perkebunan Kota Palopo menerapkan tata cara penyembelihan hewan kurban sesuai dengan protokol kesehatan covid-19.

Kabid Keswan dan Kesmavet Dispertanakbun Kota Palopo, drh Burhanuddin kepada Palopo Pos, Rabu 29 Juli 2020 mengatakan, pemotongan hewan kurban harus menerapkan protokol kesehatan seperti menjaga jarak fisik di semua area mulai dari pemotongan, pengulitan, pencacahan, dan pengemasan daging. Begitupun pendistribusian daging hewan kurban dilakukan oleh panitia ke rumah warga.

dr Bur menjelaskan, saat ini pihaknya masih tengah melakukan pemeriksaan hewan kurban yang akan disembelih pada hari ‘H’. Selama melakukan pemeriksaan kesehatan hewan kurban di tempat penjualan hewan kurban ditemui ada hewan kurban yang tak cukup umur dan juga pincang.

”Hewan kurban wajib memiliki sertifikat sehat atau berlabel sehat. Hal ini untuk menghindari masyarakat membeli hewan kurban yang belum melewati pemeriksaan dari pihak Dinas Pertanian Peternakan dan Perkebunan Kota Palopo. Kami tidak menjamin hewan kurban layak atau tidaknya dikurbankan jika tidak melalui pemeriksaan,” tegasnya.

Untuk diketahui, ciri hewan yang layak kurban yakni umur Sapi 2,5 tahun, kambing 1 Tahun, harus sehat, tidak cacat, nafsu makan bagus, banyak gerak, sorot mata bersih dan cerah, rambutnya tidak kusut, dan tidak ada luka fisik. (rhm)



Click to comment

Most Popular

To Top
.