Metro

Khotbah Iduladha Dipercepat

*Pirol: Tak Usah Salaman dan Pelukan

TOMPOTIKKA — Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy menyarankan agar khatib meringkas isi khotbah saat salat Iduladha di tengah pandemi virus covid-19.
Muhadjir juga menyarankan agar imam membacakan ayat-ayat Alquran yang pendek agar salat tidak berlangsung lama. Hal ini bertujuan tak terjadi kerumunan dalam waktu lama demi menghindari penyebaran Covid-19.

Ketua Ikatan Muballigh Kota Palopo (IMKOP), Dr Abdul Pirol, M.Ag kepada Palopo Pos, Rabu 29 Juli 2020 menyebutkan, hal ini dapat dimaklumi mengingat pelaksanaan Salat Iduladha dilakukan di tengah pandemi covid-19. Namun tentunya tidak mengurangi syarat dan rukun yang ada.

Dikatakan Pirol, mempersingkat rangkaian kegiatan salat Idul Adha dapat dilakukan apalagi memang pelaksanaan salat Iduladha dianjurkan dilaksanakan secepatnya. Karena saat ummat sedang berpuasa, tidak makan dan minum ketika berangkat ke tempat salat.

Disebutkan Pirol, mengingat pandemi covid-19 yang tengah berlangsung sehingga menimbulkan potensi penularan. Maka sebaiknya rangkaian salat Iduladha lebih dipersingkat, jika sudah masuk waktunya. Taruhlah pelaksanaannya pukul 07.00 Wita, jika selama ini khutbah selama 20 menit, maka dapat dipersingkat 10 menit saja.

Agar tidak berlama-lama di tempat salat, pengumuman-penguman kurban dapat diganti dengan pembuatan daftar-daftar yang ada. Setelah pelaksanaan salat dan khutbah, jamaah diminta secepatnya meninggalkan tempat. Tidak usah salam-salaman dan peluk-pelukan. (ich/rhm)



Click to comment

Most Popular

To Top
.