Utama

Pilkada Lutra Diikuti Tiga Paslon

PALOPO — Arah dukungan partai politik di Pilkada Serentak 2020 ini telah ditentukan. Terbaru, datang dari Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Gerindra melalui DPD Gerindra Sulsel telah menyerahkan surat rekomendasi ke sejumlah paslon di Makassar Jl AP Pettarani, Rabu, 29 Juli kemarin.

Di Lutra, rekomendasi Gerindra jatuh ke pasangan calon Arsyad Kasmar-Andi Sukma (AKAS). Rekomendasi diserahkan langsung Ketua DPD Gerindra Sulsel, Andi Iwan Darmawan Aras.

Dengan tambahan dukungan dari Partai Gerindra dengan 3 kursi di DPRD Lutra, jumlah kursi pasangan Arsyad Kasmar-Andi Sukma telah mencukupi untuk mendaftar di KPU, 4-6 September mendatang.

Diketahui, AKAS tagline dari pasangan Arsyad Kasmar-Andi Sukma juga telah didukung Partai Hanura dengan jumlah kursi 4, serta PKS dengan 2 kursi. Total genap sudah 9 kursi bagi pasangan AKAS ini.

Dihubungi sore kemarin, Arsyad Kasmar membenarkan kalau dirinya telah menerima rekomedasi dari Partai Gerindra. “Alhamdulillah, kami telah menerima rekomendasi dari Gerindra,” ujar Arsyad.

Dengan adanya rekomendasi Gerindra, kata Arsyad, partai pengusung pasangan AKAS sudah lebih dari cukup untuk mendaftar di KPU Lutra sebagai calon Bupati Luwu Utara.

“Jadi Hanura 4 kursi, PKS 2 kursi, dan Gerindra 3 kursi, total 9 kursi sudah lebih untuk mendaftar ke KPU, dimana sesuai aturan yang ada hanya 7 kursi di DPRD yang dipersyaratkan,” ucapnya.

Namun demikian, lanjut Arsyad tidak menutup kemungkinan Partai Demokrat juga mengusung pasangan AKAS, sebab sejauh ini pimpinan partai berlambang mercy itu masih berkomunikasi dengan dirinya.

Sementara itu, pasangan petahana Indah Putri Indriani-Suaib Mansyur telah didukung koalisi gemuk mulai dari Golkar 8 kursi, PAN 4 kursi, PPP 1 kursi, dan PDIP 2 kursi.

Sedangkan di waktu yang sama kemarin, pasangan Muh Thahar Rum-Rahmat Laguni juga telah memiliki dukungan baru kursi di parlemen, yakni dari Partai Perindo.

Sehingga, dukungan partai pasangan yang dikenal dengan tagline MATAHARI ini melebihi dari cukup. Mulai dari Nasdem 4 kursi, Perindo 2 kursi, dan PKB 2 kursi. Sementara syarat mendaftar di KPU Lutra paslon harus memiliki dukungan 7 kursi di parlemen.

Maka, dipastikan, dengan komposisi penyebaran dukungan parpol di Pilkada Luwu Utara memunculkan tiga pasangan calon.

Sementara itu, di Pilkada Lutim, pasangan petahana Muh Thorig Husler-Budiman Hakim juga menerima rekomendasi dari DPD Gerindra Sulsel, kemarin di Makassar.
Rekomendasi diterima langsung Bupati Lutim, HM Thorig Husler. (mah/idr)

Tiga Kandidat Pilkada Lutra

Indah Putri Indriani-Suaib Mansyur
Golkar : 8 kursi
PAN : 4 kursi
PPP : 1 kursi
PDIP : 2 kursi

Muh Thahar Rum-Rahmat Laguni (MATAHARI)
Nasdem : 4 kursi
Perindo : 2 kursi
PKB : 2 kursi

Arsyad Kasmar-Andi Sukma (AKAS)

– Partai Hanura : 4 Kursi
– Partai Gerindra : 3 Kursi
– PKS : 2 Kursi

Syarat mendaftar ke KPU Lutra minimal 7 kursi parpol



Click to comment

Most Popular

To Top
.