Pendidikan

Salut dan Perlu Dicontoh, Siswa SDN 1 Lalebata Palopo Berkurban Satu Sapi

Siswa SDN 1 Lalebata berfoto bersama. Mereka berkurban satu ekor sapi yang dibagikan kepada siswa yang tidak mampu, guru dan staf honorer dan lainnya

* Tiap Siswa Menabung Mulai Rp1.000 Selama Setahun Untuk Berkurban

PALOPO— Sikap kedermawanan siswa Sekolah Dasar Negeri 1 Lalebata Palopo patut diapresiasi. Mereka dengan sukarela mengumpulkan dana untuk melakukan kurban.

Setelah dana terkumpul, mereka pun membeli satu ekor sapi kemudian dikurbankan. Sapi tersebut disembelih, Sabtu, 1 Agustus 2020 di halaman sekolah disaksikan orang tua siswa khususnya siswa kelas V C, dan gurunya.

Ketua Panitia Kurban, Andi Ika Handayani S.Pd, Sabtu, 1 Agustus 2020 mengatakan, kurban yang diinisiasi para siswa, berjalan dengan lancar. Para siswa tersebut, menabung setiap hari selama setahun.

”Setiap hari ada yang menabung mulai dari Rp1.000, Rp2.000, Rp5.000, sampai Rp10.000,-.. Hasil tabungan itulah yang dibelanjakan untuk beli sapi satu ekor,” katanya.

Kurban yang mengusung tema ”Dengan berkurban kita tingkatkan rasa ketakwaan kita kepada Allah SWT”, dibagikan kepada siswa yang tidak mampu, guru dan staf honorer , serta masyarakat yang tidak mampu.

Menurut Andi Ika, kurban menjadi salah satu yang dianjurkan bagi umat Islam yang mampu menunaikannya. Berkurban merupakan bentuk tanda syukur atas nikmat Allah.

“Kurban adalah momentum untuk menumbuhkan jiwa kemanusiaan dan sifat utama dengan berderma,” katanya lagi.

Di tengah pandemi virus corona yang saat ini terjadi, lanjut dia, sedekah akan sangat bermakna, berapa pun jumlahnya.

Sementara itu Kepala SDN 1 Lalebata, Zainuddin S.Pd, M.M, melalui Andi Ika mengatakan salut atas siswanya yang melaksanakan kurban. Dia tidak menyangka inisiasi yang dilakukan para siswanya tersebut.

”Mudah-mudahan jadi berkah. Kami salut semangat anak-anak kami yang mau berkurban yang dipusatkan di sekolah,” katanya penuh rasa haru seraya mengatakan kurban berjalan sesuai dengan protokeler kesehatan. (rls)



Click to comment

Most Popular

To Top
.