FEMALE

Manfaatkan Pisang jadi Oleh-oleh Palopo

Herawati Masdin, SH
Anggota DPRD Palopo
Owner Rumah Pisang Budew

Di tengah kesibukannya sebagai anggota DPRD Kota Palopo, Herawati Masdin SH juga ternyata memiliki kesibukan lainnya yakni, membuka usaha cafe dan oleh-oleh khas Palopo.

Namun, cafenya ini lain dari yang lain, lantaran oleh-oleh yang dijual di sini dibuat dari bahan baku pisang. Nama cafenya ‘Rumah Pisang Budew’. Terletak di Jl Andi Djemma, Kota Palopo, di depan SDN 3 Surutanga.

Kepada Palopo Pos yang diwawancara, Kamis 17 September 2020, lalu, politisi dari Partai Amanat Nasional (PAN) ini mengungkapkan alasannya membuka usaha cafe yang diberi nama Rumah Pisang Budew.

Ia menceritakan, jika ide membuka cafe dan oleh-oleh khas Palopo sudah terpikirkan sejak periode pertama ia menjabat sebagai anggota DPRD Palopo. Namun, karena kesibukan sebagai wakil rakyat, barulah di periode keduanya ini, ia bisa merealisasikan keinginannya itu.

Alasan lainnya membuka cafe, kata Herawati, karena selama ini, ia sering ‘nongkrong’ di cafe bersama teman-teman. Setelah dihitung-hitung untuk pengeluaran di cafe lumayan banyak.

“Seringka nongkrong di cafe dengan teman-teman, setelah dihitung-hitung pengeluarannya cukup besar. Nah, maka dari itulah saya pikir kenapa tidak saya yang buat cafe sendiri, bisa ajak nongkrong teman sekalian, terus bisa sekalian mempekerjakan orang, membantu pemerintah membuka lapangan kerja,” ujar anggota Komisi II DPRD Palopo ini.

Lalu saat ditanyakan, kenapa harus pisang? Ibu dari 3 orang anak ini mengungkapkan, awal mula ide itu datang dari teman dari Surabaya, seorang chef yang datang ke Palopo selama waktu.

Selama di Palopo inilah, ia melihat buah pisang banyak dan bukan musiman. Jadilah ia mengajarkan cara mengolah pisang menjadi pelbagai kue dari bahan pisang. Mulai dari bolu, donat, dan masih banyak lagi.

Kembali ditanyakan kenapa menamai cafenya Rumah Pisang Budew? Ia menyebutkan, penyebutan budew itu singkatan dari ‘Bu Dewan’.
“Jika nantinya sudah tidak menjabat lagi sebagai anggota dewan, kan bisa terus dikenal pernah sebagai bu dewan,” ujarnya.
Usaha cafe dan oleh-olehnya ini pun kini berkembang, dan sudah dikenal di masyarakat.

Bahkan, sudah sampai terkirim ke luar daerah. “Sudah banyak yang pesan ada ke Sorowako, Makassar, dan beberapa kota lainnya,” kata Herawati.
Saat ini, ia kembali merintis pembuatan kripik pisang dengan beragam varian rasa. “Sudah ada beberapa saya kirimkan kripik pisang, dan ke depan saya mau coba sebar ke toko-toko swalayan,” sebutnya.

Ia pun juga menyarankan bagi yang berminat untuk mencoba bisa datang ke cafe Rumah Pisang Budew atau melihat profil cafenya di instagram @rumahpisangbudew.(idr)

DATA DIRI

NAMA : Herawati Masdin, SH
TTL : Belopa, 18 September 1985
Alamat     : Kelurahan To’bulung, Kec. Bara, Kota Palopo
Pekerjaan      : Anggota DPRD Palopo/ Owner Rumah Pisang Budew
Ayah : H. Masdin Suaib
Ibu : Hj Jumrah
Anak : 1. A. Muh Akbar Al Razid
  2. A. Muh Albar Al Qhair
  3. A. Muh Aufar Al Razaq



Click to comment

Most Popular

To Top
.