Metro

28.050 Siswa Terima Kuota Data 35 GB Kemendikbud

*Tahap Pertama, 22 hingga 24 September

TOMPOTIKKA — Setelah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengeluarkan Surat Edaran (SE) bernomor : 8202/CPD/2020 untuk penginputan nomor HP siswa dan guru pada dapodik, Agustus 2020 lalu.

Di bulan September ini, Kemendikbud akhirnya meyalurkan kuota data bagi seluruh siswa secara dua tahap, yakni tahap I, 22 hingga 24 September, sementara tahap II, 28 hingga 30 September.

Kepala Bidang Pendidikan Menengah Dinas Pendidikan Palopo, Muh Amin, S.Pd menyampaikan bahwa, berdasarkan koordinasi pihaknya dengan Dinas Pendidikan Provinsi dan Kemendikbud, penyaluran kuota data untuk siswa dan guru, itu dilakukan dua tahap, 22 hingga 24 serta 28 hingga 30 September 2020.

Dikatakannya, berdasarkan data yang ada, siswa di Kota Palopo untuk tingkat Paud sebanyak 3.500 orang, tingkat SD 17.450, sementara tingkat SMP sebanyak 10.600 orang.

“Nah itu data awal yang ada, jumlah keseluruhan siswa, tapi kalau jumlah yang terima, kami masih lakukan verifikasi, tapi kemungkinan besar, dapat semua,” sebutnya.

Untuk tingkat PAUD, kata dia, mendapatkan 20 GB, tingkat SD dan SMP 35 GB. Sementara untuk guru, mendapatkan 40 GB. Kuota data ini diterima oleh para siswa setiap bulannya, sejak September hingga Desember 2020 mendatang.

Sementara itu, Mendikbud, Nadiem Makariem beberapa waktu lalu, menyampaikan bahwa, dalam rangka mendukung proses pembelajaran jarak jauh ini, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menganggarkan Rp7,2 triliun. Dana tersebut diperuntukkan untuk mengsubsidi kuota internet siswa, guru, mahasiswa dan dosen selama empat bulan, September hingga Desember 2020.

Untuk itu pihaknya berharap agar Kepala satuan pendidikan dari SD hingga SMA melengkapi nomor handphone peserta didik yang aktif melalui aplikasi dapodik. “Nantinya setiap siswa akan diberikan kuota internet 35 Gigabyte per bulan, guru 42 GB perbulan sementara mahasiswa dan dosen 50 GB per bulan.(ich/rhm)



Click to comment

Most Popular

To Top
.