Utama

Ketua KPU Tator: Ikuti Aturan Kampanye, Jangan Melanggar

* Paslon Telah Pilih Nomor Urut

MAKALE — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tana Toraja telah menetapkan nomor urut pasangan calon (paslon) bupati dan wakil bupati Tana Toraja dalam rapat pleno terbuka, Kamis 24 September 2020, kemarin di Grand Hotel Metro Permai, Makale.

Pengambilan dan penetapan nomor urut paslon dilakukan dalam penerapan protokol Covid-19.

Tiga paslon yang telah ditetapkan sebagai paslon melakukan penarikan nomor urut. Hasilnya, paslon Theofilus Allorerung-dr Zadrak Tombeg mendapat nomor urut 1. Lalu, Nicodemus Biringkanae-Victor Datuan Batara nomor urut 2, dan paslon Albertus Patarru-John Diplomasi nomor urut 3.

Usai pengambilan nomor urut, Ketua KPU Tana Toraja, Risal Randa mengatakan bahwa setelah melakukan penarikan nomor urut oleh masing-masing paslon maka nomor yang telah dicabut ditetapkan sebagai nomor urut masing-masing paslon, dan akan digunakan saat kampanye nanti, serta di surat suara.

“Nomor urut paslon tersebut akan digunakan sebagai bahan kampanye bagi paslon dan juga keperluan administrasi lainnya,” kata Risal.
Risal juga mengimbau kepada paslon bersama tim dan partai pendukung agar benar-benar mengikuti aturan yang ada, dan wajib mengikuti protokoler kesehatan Covid-19 demi untuk keselamatan masyarakat Tana Toraja.

Pengambilan dan penetapan nomor urut ini juga dirangkaikan dengan dengan penyerahan maklumat polri yang diserahkan ke masing-masing paslon.

Dari pantauan Palopo Pos di Hotel Grand Metro Permai, pengambilan nomor urut paslon di bawah pengamanan 200 personel polri, dan TNI serta Satpol PP yang dihadiri oleh unsur Forkopimda, Bawaslu Tana Toraja, Tim Pemenangan masing-masing paslon.

Torut

Sementara itu di Toraja Utara, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Toraja Utara (Torut) juga telah menggelar penetapan nomor urut pasangan calon (paslon) Bupati dan Wakil Bupati Torut di kantor KPU Torut, Rantepao.

Dalam pencabutan nomor urut KPU perketat penerapan protokoler kesehatan dengan pembatasan peserta yang boleh masuk area yakni hanya paslon bersama LO, pemeriksaan suhu badan, harus pakai masker, cuci tangan dan jaga jarak duduk peserta.

Dan setelah melakukan pencabutan nomor urut, ketiga paslon akhirnya ditetapkan KPU yakni paslon nomor urut satu (1) oleh Yosia Rinto Kadang – Yonathan Pasodung (Rindu), nomor urut dua (2)Yohanis Bassang – Frederik Victor Palimbong (Ombas-Dedy), dan nomor urut tiga (3) Kalatiku Paembonan – dr. Etha Rimba P. Tandipayuk.

Menurut ketua KPU Torut, Bonnie Freedom dalam kesempatan itu mengatakan bahwa setelah ketiga paslon melakukan pencabutan nomor urut dan sesuai nomor yang dicabut maka nomor tersebut akan menjadi atribut dalam berkampanye nantinya.

Ditambahkan Bonnie bahwa tiga paslon yang akan bertarung dalam pilkada Torut agar betul-betul mengikuti aturan yang ada dan wajib menerapkan protap kesehatan dalam rangka mencegah penyebaran Covid-19 demi keselamatan bersama. (rp1/idr)



Click to comment

Most Popular

To Top
.