Metro

Masa Berlaku Paspor Jadi 10 Tahun

JAKARTA — Pemerintah menerbitkan Peraturan Pemerintah (PP) 51 Tahun 2020 tentang keimigrasian yang mengatur masa paspor hingga sampai 10 tahun. Sebelumnya, masa berlaku paspor 5 tahun.
“Memang saat ini telah terbit PP 51/2020 yang mengatur masa berlaku paspor biasa sampai 10 tahun,” kata Kasubag Humas Ditjen Imigrasi Ahmad Nursaleh, Kamis (24/9/2020).
Sebelumnya, masa berlaku paspor 5 tahun, tetapi kini diperpanjang menjadi 10 tahun. Akan tetapi ketentuan itu tidak langsung berlaku karena menunggu peraturan teknis lainnya.
“Namun tentunya masih menunggu peraturan pelaksanaannya, mekanismenya, teknisnya, termasuk mengenai tarif PNBP yang harus disesuaikan,” katanya.
Ketentuan perpanjangan masa berlaku paspor yang diperpanjang menjadi 10 tahun itu ada di Pasal 51 ayat 1 PP nomor 51 tahun 2020. Berikut bunyi pasal tersebut:
Masa berlaku paspor biasa paling lama 10 (sepuluh) tahun sejak tanggal diterbitkan.
Sebelumnya, dalam PP 31 Tahun 2013 tentang keimigrasian, masa berlaku paspor 5 tahun. Hal tersebut diatur di Pasal 51 ayat 1 PP 31/2013 yang berbunyi: Masa berlaku Paspor biasa paling lama 5 (lima) tahun sejak tanggal diterbitkan.
Menanggapi kebijakan baru ini, Kepala Kantor Imigrasi Kelas III Non TPI Kota Palopo, Benyamin KP Harahap menyatakan, kebijakan baru ini masih menunggu petunjuk pelaksana (juklak) serta kesistemannya.
“Harapannya memang sejak lama sudah dipersiapkan masa berlaku paspor sampai 10 tahun. Mudah-mudahan dalam waktu dekat ini ada juklak-nya dan bisa terealisasi,” sebutnya saat dihubungi tadi malam.(idr)



Click to comment

Most Popular

To Top
.