Utama

Siang Ini, Gubernur Sulsel Lantik Pjs Bupati

PALOPO – Jumat siang ini, Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah akan melantik tujuh pejabat sementara bupati di Sulsel. Surat Keputusan (SK) penetapan 7 Pjs sudah di tangan Gubernur Nurdin Abdullah. Pelantikan dijadwalkan berlangsung pada Jumat, 25 September 2020.

“Besok (hari ini,red) pelantikan tujuh pejabat bupati,” kata Staf Khusus Gubernur Sulsel Bidang Media, Bunyamin Arsyad atau yang akrab disapa Om Ben saat dihubungi, Kamis 24 September kemarin.
Hanya saja, Om Ben tidak merinci soal nama-nama pejabat sementara bupati yang akan dilantik ini.

Diketahui, Pilkada serentak tahun 2020 akan digelar 12 daerah di Sulsel. Namun hanya 7 daerah diantaranya yang akan diisi posisi Pjs, mengingat baik bupati dan wakil bupatinya kembali maju dalam pilkada. Diantaranya, Kabupaten Selayar, Tana Toraja, Toraja Utara, Soppeng, Luwu Utara, Luwu Timur, dan Gowa.

Adapun masa tugas Pjs ke depan akan mengikut tahapan cuti kampanye pilkada yang telah ditetapkan KPU sebelumnya. Dengan demikian, masa tugasnya terhitung sejak 26 September hingga 5 Desember 2020.
Sementara Gubernur Sulsel, Prof Nurdin Abdullah dikutip dari media daring di Makassar menegaskan, Pjs yang dilantik harus bisa berlaku netral.

Tidak membawa kepentingan politik yang justru bisa memicu pelaksanaan pilkada dan daerah yang dipimpinnya jadi gaduh.
“Jadi Pjs yang bisa berlaku netral. Tidak membuat gaduh di daerah. Jadi tentu kita berharap Pjs yang akan datang ini, pertama bisa menjaga netralitas. Kedua jangan mengobok-obok program. Karena mereka (petahana) masih akan kembali,” tegas Nurdin.

Sebelumnya diberitakan, beberapa nama yang santer akan mengisi jabatan sebagai Pjs Bupati di Luwu Utara dan Luwu Timur ada nama Kepala BPBD Sulsel, Ni’mal Lahamang (Lutra), dan Asisten 1 Sulsel, Aslam Patonangi (Lutim).(idr)



Click to comment

Most Popular

To Top
.