CDC IAIN PALOPO GANDENG PUSAT KARIER UGM BIMTEK PENGELOLAAN APLIKASI CARCENTOS

  • Bagikan

YOGYAKARTA — Tim Career Development Center (CDC) IAIN Palopo bekerjasama dengan Pusat Pengembangan Karier Universitas Gajah Mada (UGM) menyelenggarakan Bimbingan Teknik penggunaan Aplikasi Career Center OS (Carcentos) Jumat sampai dengan Senin tanggal  17-20 Desember 2021 di Gedung Graha Karir ECC UGM  jalan  Krasak No.20, Kotabaru, Kec. Gondokusuman, Kota Yogyakarta.

Kegiatan ini merupakan tindak lanjut MoU antara IAIN Palopo dengan Universitas Gajah Mada

Hadir Direktur CDC IAIN Palpo Saepul, S.Ag.,M.Pd.I , Wakil Direktur CDC IAIN Palopo Arsyad L, S.Si, M.Si, Ketua Ikatan Alumni IAIN Palopo Dr. Abbas Langaji, Perwakilan Staf TIPD, perwakilan pengurus CDC dan Staf Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama.

Kegiatan bimtek ini menghadirkan dua pemateri yaitu Agung chandra kusuma dan Didik Ariyanto dari Career Center UGM. Materi yang diberikan adalah penggunaan Carcentos sebagai aplikasi pengembangan pusat karir di perguruan tinggi dan manajemen tracer study Alumni, yang mana hal terebut sangat dibutuhkan dalam proses akrediasi kampus.

Dengan adanya aplikasi ini website pusat karier tidak hanya berfungsi sebagai pusat informasi, tetapi juga sebagai media interaksi antara universitas dengan alumninya. Selain itu, aplikasi carcentos juga dapat membantu  menjembatani akses  antara alumni dan  perusahaan yang merupakan pengguna lulusan.

Aplikasi ini juga berfungsi untuk mengetahui posisi dan jumlah lulusan yang telah terserap dalam dunia kerja serta menyiapkan lulusan sesuai dengan kompetansi yang diperlukan di dunia kerja, hal ini akan memangkas masa tunggu alumni dalam memasuki dunia kerja.

Dalam sistem akreditasi perguruan tinggi di Indonesia, tracer study telah dimasukkan sebagai salah satu indikator penilaian, maka dari itu kedepannya aplikasi carcentos akan memudahkan  kampus dalam proses peningkatan akreditasi.(rls/idr)

  • Bagikan