Kini Jadi Pengusaha Nasional Sukses, Bakat Andi Rahim Sudah Terlihat Sejak SD

  • Bagikan

Pengusaha Nasional Sukses Andi Rahim. –ist

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, MASAMBA – Pengusaha sukses memiliki karakter tersendiri yang bisa dikenali dari bakat serta potensi yang dipunyai. Menjadi seorang pebisnis atau wirausahawan sukses bukan perkara yang mudah. Butuh proses dan perjuangan. Meski demikian, beberapa orang terlahir dengan bakat bisnis.

Salah satu pengusaha sukses yang bakatnya terasah sejak kecil ialah Andi Abdullah Rahim, Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Kabupaten Luwu Utara (Lutra). Bahkan, saat masih duduk di bangku Sekolah Dasar (SD), Andi Rahim sudah berbisnis kecil-kecilan.

Komisaris PT Arah Muda Global Mandiri itu bercerita, masa kecilnya sebenarnya sama dengan anak lain di Lutra kala itu. Bermain sepak bola hingga mancing dan mandi di sungai. Meski demikian, ia mempunyai hobi yang tidak dimiliki bocah lain yakni berdagang.

Andi Rahim mengenang hampir semua komoditas maupun peluang usaha yang ada di sekitarnya dibuat menjadi bernilai ekonomi. Mulai dari berbisnis jeruk nipis, asam, coklat hingga es balok dan es lilin. Keuntungan bisnis kecil-kecilannya itu, dipakainya untuk makan bersama teman-temannya.

“Hobi saya dari kecil memang paling suka berdagang. Di belakang rumah kan ada tiga pohon jeruk nipis. Nah, tiap panen itu saya jual ke Pasar Masamba. Ya, di sana kebetulan ada penjual coto dan itu dibarter,” kata Andi Rahim, Selasa, (4/1/2022).

Sedangkan untuk asam, kata dia, diperolehnya dari pohon-pohon yang ada di sekitar rumahnya. Hampir setiap ada waktu lowong, dirinya menyempatkan diri untuk memanjat dan memanen asam untuk dijual ke pasar. Adapun untuk coklat didapatkannya dari kebun milik orang tua, dimana setelah dikeringkan dijualnya ke pasar.

Kemampuan membaca peluang usaha pun ditunjukkan Andi Rahim kecil pada momen-momen tertentu. Semisal saat ada kegiatan kemah pramuka di lapangan depan rumahnya di Lutra. Bersama saudaranya, ia menjadi reseller es lilin untuk dijual ke peserta kemah pramuka.

“Pernah juga sewaktu (pedagang) Pasar Masamba dipindahkan ke dekat rumah. Ya saya jual es batu balok untuk penjual ikan,” kenang Direktur PT Rotari Pratama Indonesia itu.

Lebih jauh, Andi Rahim menyampaikan bisnis kecil-kecilan hanya dilakukannya rentang SD hingga SMP. Selanjutnya, sewaktu SMA dan kuliah, dirinya mulai fokus belajar dan menikmati masa mudanya. Nanti setelah selesai kuliah, ia kembali fokus berbisnis. Bahkan, bersama sejumlah teman kuliahnya merintis perusahaan.

“Kelompok studi di masa kuliah itu jadi cikal bakal salah satu perusahaan. Ya selepas kuliah memang fokus bangun usaha. Saya bahkan tidak ambil ijazah, nanti baru ambil saat mau daftar caleg, itu pun diurus sama istri,” pungkas mantan Anggota DPRD Lutra tersebut. (uce)

  • Bagikan