2023, Tahun Terakhir Penyelesaian Visi-Misi

  • Bagikan

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, TOMPOTIKKA-– Dari lima visi-misi Wali Kota Palopo periode 2018-2023, yang dibreakdown ke dalam beberapa program prioritas, semuanya direalisasikan hingga akhir 2021.

Penelusuran Palopo Pos, adapun program visi misi Wali Kota, Drs HM Judas Amir MH, diantaranya, program pendidikan gratismenanggung seragam sekolah siswa baru TK SD SMP, program kesehatan gratis paripurna, pengoperasian rumah sakit dr Palemmai, dan lainnya. (Lengkapnya lihat tabel).

Sekretaris Daerah Kota (Sekkot) Palopo, Firmanza DP yang ditemui Palopo Pos di ruang kerjanya, Senin, 3 Januari 2022 lalu, mengungkapkan, hampir semua program visi-misi Wali Kota telah terealisasi. Hanya saja, mantan Kepala Bappeda ini, tidak merincikan program visi-misi tersebut.

Pada 23 Desember 2021 lalu, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Palopo telah melakukan orientasi Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) 2023 di Aula Bappeda. Itu merupakan tahun terakhir penyelesaian program visi dan misi Wali Kota, HM Judas Amir.

Wali Kota Judas dalam sambutannya menegaskan, perencanaan pembangunan yang disusun oleh pemerintah daerah harus sesuai dengan peraturan perundang-undangan. Orientasi RKPD Kota Palopo Tahun 2023 yang dilaksanakan merupakan salah satu wujud kepatuhan pemerintah Kota Palopo terhadap peraturan perundang-undangan.

“Saya mengharapkan kepada semua perangkat daerah agar memahami peraturan perundang-undangan yang ada sebelum melaksanakan program dan kegiatan,” tegasnya

Sementara Kepala Bappeda Palopo, Raodahtul Jannah, mengatakan tujuan dilaksanakannya orientasi RKPD Kota Palopo, Tahun 2023, yaitu untuk penyamaan persepsi dan memberikan pemahaman terhadap berbagai peraturan perundang-undangan yang berkaitan dengan perencanaan pembangunan nasional dan daerah.

Keterkaitannya dengan dokumen perencanaan lainnya, teknis penyusunan dokumen, dan menganalisis serta menginterpretasikan data dan informasi perencanaan pembangunan Daerah. Yang diperlukan dalam menyusun dokumen perencanaan pembangunan daerah bagi seluruh Perangkat Daerah lingkup Pemerintah Kota Palopo.

“Semoga RKPD Tahun 2023 yang merupakan tahun terakhir periode RPJMD akan menyelesaikan program berdasarkan visi dan misi Pemerintah Kota Palopo,” harapnya.

RKPD 2023 dihadapkan pada tantangan yang tidak sedikit, salah satunya melakukan integrasi dengan Permendagri Nomor 70 Tahun 2019 tentang Sistem Informasi Pemerintahan Daerah dimana tahapan perencanaan pembangunan dilakukan penginputan melalui aplikasi SIPD.

“Sehingga menuntut kesiapan sistem dan sumber daya manusia yang mumpuni. Mohon doa, kerjasama dan dukungannya,” tandasnya. (ikh)

Program Visi-Misi Pemkot Palopo 2018-2023

* Program pendidikan gratis
* Menanggung seragam sekolah siswa baru TK, SD, SMP
* Program kesehatan gratis paripurna
* Pengoperasian rumah sakit dr Palemmai
* Penataan kawasan kumuh lewat program KOTAKU
* Pembangunan kawasan pemukiman baru dan rumah susun
* Bantuan bedah rumah tidak layak huni
* Pembangunan taman kota dan ruang terbuka publik.
* Penataan lorong secara terpadu
* Upaya penciptaan kewirausahaan (program siapa mau bekerja)
* Reformasi perizinan
* Meningkatkan konektivitas wilayah dan peningkatan produktivitas masyarakat
* Mendorong event skala regional dan nasional untuk digelar di Palopo
* Memodernisasi sarana prasarana layanan publik tingkat kecamatan dan kelurahan
* Penguatan kapasitas SDM aparatur, serta peningkatan tata kelola keuangan dan aset, serta penyelenggaraan pemerintahan.
* Tetap memberikan insentif kepada Ketua LPMK, RT/RW, Dasawisma, serta pelaku keagamaan.
* Memberikan 10 paket umroh gratis setiap tahun bagi imam-imam masjid berprestasi dan berdedikasi.

* Sumber: Dikutip dari https://spiritkita.com/yuk-simak-visi-misi-walikota-palopo. (*)

  • Bagikan