Bupati Tana Toraja Pembina Upacara Hari Amal Bhakti Kementrian Agama ke-76

  • Bagikan

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, TANA TORAJA – Bupati Tana Toraja, Theofilus Allorerung sebagai Pembina Upacara pada peringatan Hari Amal Bhakti Kementerian Agama RI ke-76 pada Kantor Kementerian Agama Tana Toraja digelar di halaman MAN Tana Toraja, Kecamatan Makale, Senin (3/1/2022) kemarin.

Bupati Theofilus Allorerung membacakan amanat atau pidato seragam Menteri Agama RI, Yaqut Cholil Qoumas yang diperingati setiap tanggal 3 Januari, dan dicanangkan sebagai Kick Off pelaksanaan program tahun berjalan.

Dalam amanat tersebut, Theofilus menyebut Kementerian Agama hadir sebagai payung teduh bagi unsur umat beragama, memberikan pelayanan prima bagi masyarakat yang membutuhkan layanannya, dan menjaga Pancasila, Konstitusi, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia untuk tetap dalam jalurnya.

Hal itu dibuktikan dengan naiknya Indeks Kesalehan Umat Beragama dari 82,52 pada tahun 2020 menjadi 83,92 pada tahun 2021. Sementara Indeks Kerukunan Umat Beragama juga mengalami peningkatan yang semula tahun 2020 sebesar 67,46 menjadi sebesar 72,39 pada tahun 2021.

Indeks Kepuasan Layanan Kantor Urusan Agama (KUA) meningkat pula dari angka 77,28 pada tahun 2019 menjadi 78,90 di tahun 2021.

“Kementerian Agama juga telah menjalin hubungan baik dengan para tokoh dan pemuka agama, organisasi dan lembaga keagamaan, Forum Kerukunan Umat Beragama, serta unsur masyarakat lainnya,” ucap Theofilus dalam rilis Rabu (3/1/2022).

Hubungan baik tersebut diwujudkan dalam beragam pertemuan, baik di tingkat nasional maupun daerah, pendampingan, koordinasi, konsultasi, dan fasilitasi.

Dari perspektif tata kelola keuangan, Kementerian Agama mampu mempertahankan prestasinya, yaitu kembali meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas Laporan Keuangan tahun 2020, dan menjadikan prestasi yang diraih selama lima tahun berturut-turut sejak tahun 2016.

Prestasi telah dicapai Kementerian Agama merupakan hasil kerja keras dari para perintis dan sesepuh Kementerian Agama serta saudara sekalian. Oleh itu, saya ingin mengucapkan terima kasih kepada segenap Pegawai Aparatur Sipil Negara Kementerian Agama yang selama ini telah mengabdi dengan tulus dan menjaga martabat, kehormatan, dan kinerja Kementerian Agama.

Sebagai salah satu bentuk ucapan terima kasih, Kementerian Agama telah mengajukan kepada Bapak Presiden RI untuk memberikan penghargaan Satyalancana Karya Satya kepada 9.310 Pegawai Negeri Sipil Kementerian Agama dari 79 Satuan Kerja yang dinilai telah mengabdi tanpa cacat sebagai abdi negara.

Lanjutnya Alhamdulillah, Bapak Presiden telah mengabulkan permohonan tersebut dan pada Hari Amal Bakti ke-76 ini, atas nama Bapak Presiden, diberikan Penghargaan Satyalancana Karya Satya 30 tahun kepada 509 orang, 20 tahun kepada 2.802 orang, dan 10 tahun kepada 5.999 orang Pegawai Negeri Sipil Kementerian Agama.

“Saya ucapkan selamat kepada para penerima penghargaan, semoga penghargaan ini semakin meningkatkan kinerja ASN Kementerian Agama dan menambah kebanggaan, sebagai bagian dari korps Kementerian Agama,” pungkasnya.

Di usia yang ke-76 ini, Kementerian Agama harus terus berbenah, prestasi yang telah diraih harus dipertahankan. Dan secara bersamaan, perlu terus berinovasi untuk mewujudkan Kementerian Agama yang lebih baik.

Untuk itu, jadikan agama sebagai inspirasi, jadikan agama sebagai penggerak yang dapat meningkatkan daya kreativitas. Selain itu, jadikan pula Lima Nilai Budaya Kerja Kementerian Agama, yaitu Integritas, Profesionalitas, Inovasi, Tanggung Jawab, dan Keteladanan, menjadi bagian yang tidak terpisahkan dalam pelaksanaan tugas dan fungsi saudara sekalian selaku Pegawai Aparatur Sipil Negara Kementerian Agama.

“Saya percaya apabila berpegang teguh pada semua itu, ASN Kementerian Agama akan tampil sebagai sosok abdi negara yang luar biasa, yang kemudian menjadi tagline Peringatan Hari Amal Bakti ke-76 Kementerian Agama, yaitu Transformasi Layanan Umat akan dengan cepat dan mudah dilakukan,” terangnya.

Transformasi yang dimaksud meliputi perubahan sikap dan perilaku yang lebih baik dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat serta peningkatan sarana dan prasarana atau infrastruktur yang mempercepat dan mempermudah kinerja Kementerian Agama dalam memberikan layanan kepada masyarakat.

“Saya ucapkan selamat memperingati Hari Amal Bakti Ke-76 Kementerian Agama, semoga terus berjaya serta menjadi oase dan pelayan masyarakat yang terbaik,” tutup Theofilus.

Upacara Peringatan HAB Kementerian Agama RI ke-76 pada Kantor Kementerian Agama Tana Toraja ditutup dengan penyerahan Penghargaan Satyalancana Karya Satya 30 tahun kepada lima orang ASN, 20 tahun sebanyak 54 orang dan 10 tahun sebanyak 12 orang. (risna)

  • Bagikan