Jalan Salu di Torut Rusak Parah, Warga Inisiatif Urunan Beli Timbunan

  • Bagikan

Kepala Lembang Salu Roni Pata Allo bersama warga menimbun jalan yang berlubang, Jumat, 7 Januari 2022. –albert tinus–

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID,RANTEPAO– Prihatin dengan kondisi jalan salu yang rusak parah, masyarakat Sangsaluan berinisiatif urunan beli timbunan sebanyak 55 ret untuk menimbun jalan yang berlubang dan rusak parah.

Jalan yang diurun sepanjang tiga kilometer mulai dari perbatasan Lembang Salu Sopai hingga ke Pasar Salu Lembang Salu Sarre, Kecamatan Sopai Toraja Utara.

Inisiator untuk menimbun jalan berlubang sepanjang 3 km tersebut yakni Anggota DPRD Kabupaten Fakfak Ishak Patanduk dari Fraksi P.Golkar.

Melalui sambungan whatshapnya Jumat, 07 Januari 2022 mengatakan, sangat luar biasa antusias warga masyarakat Sangsaluan khususnya para diaspora Salu di luar.

”Saya selaku inisiator pengumpulan dana berapa saja namun di luar dugaan kita bahwa dana yang kita kumpulkan sekitar Rp30 juta untuk kita gunakan menimbun pada tahap pertama, mulai dari perbatasan Salu Sopai dan ke Pasar Salu,” katanya.

Saat ini, menurutnya, jalan berlubang yang telah ditimbun itu telah dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

” Kemarin banyak pesta di sini. Mereka sudah mulai merasakannya. Tapi yang paling utama adalah kita ini mau memotivasi masyarakat,” katanya.

Lebih jauh Ishak mengatakan, sebelum pihaknya menimbun, sebelumnya berkordinasi dengan pihak Kecamatan Sopai. Kemudian tokoh masyarakat. ini juga tidak terlepas dari peran tiga kepala lembang yakni Keplem Salu Sopai, Keplem Salu Sarre, dan Keplem Salu.

“Pada hari pertama penimbunan tiga kepala lembang ini mengajak masyarakat bergotong royong Jumat bersih di jalan poros Salu. Meskipun ada suara bernada sumbang dari masyarakat bahwa jalan poros Salu -Dende ini adalah merupakan jalan kecamatan, namun dengan inisiatif kita beri penjelasan bahwa jangan kita terlalu berharap sama pemerintah, apa yang bisa kita lakukan mari kita laksanakan sekarang,” ujarnya.

Masih kata Ishak melalui sambungan WhatsAppnya menjelaskan, Kepala Lembang Salu Roni Pata Allo mendatangi Bupati Toraja Utara Pak Yohanis Bassang untuk memberikan bantuan kepada. Ternyata beliau merespon cepat dengan mengirimkan alat berat walas dan sangat luar biasa manfaatnya.

“Inilah pemimpin yang kita butuhkan saat ini. Yang cepat tanggap apabila masyarakatnya itu membutuhkan bantuan. Saya sangat salut dan mengapresiasi terhadap Pak Bassang atas bantuan ini karena kalau tidak mungkin kami dicaci oleh warga karena timbunan tidak bisa rapat. Kalau tidak ada alat berat walas ini mungkin hanya berapa meter saja yang ditimbun. Terima kasih dan salam hormat buat Pak Ombas,” ungkap Ishak.

Kepala Lembang Salu Roni Pata Allo menambahkan sangat berterima kasih atas persatuan masyarakat Sangsaluan yang difasilitasi para perantau Sangsaluan (Diaspora). ”Semoga kebersamaan itu selalu di pupuk dan ditingkatkan,” katanya.

Diketahui, juga untuk rencana pekerjaan jalan poros Alang-alang -Salu rencananya akan dikerjakan di tahun 2022 ini. Anggarannya dari Dinas PUPR Toraja Utara. (albert)

  • Bagikan